Tak Diperkuat Dua Pemain Naturalisasi, Mampukah Timnas Indonesia Juara Piala AFF?

Abriandi
Pelatih Shin Tae-yong membawa 23 pemain ke Piala AFF 2022. (foto: pssi)

JAKARTA, iNewsKutai.id - PSSI sudah mengumumkan 23 nama pemain yang akan tampil di Piala AFF 2022. Sayangnya, dari nama-nama yang diumumkan, tidak ada pemain naturalisasi Elkan Baggot dan Sandy Walsh.

Dalam daftar 23 pemain yang dibawa Shin Tae-yong, ada tiga pemain naturalisasi yang akan memperkuat timnas Indonesia. Di lini depan ada penyerang Bali United Ilija Spasojevic.

Produktivitas golnya bersama Bali United membuat pelatih asal Korea Selatan itu kepincut. Spaso sudah mencetak 7 gol untuk Serdadu Tridatu musim ini. Shin Tae-yong juga akan memakai jasa Jordi Amat.

Piala AFF akan menjadi debut pemain yang baru saja dinaturalisasi tersebut. Sedianya, Shin Tae-yong berencana menduetkannya dengan Elkan Baggot di area pertahanan tim Garuda. Sayangnya, Ipswich Town enggan melepas pemain pilarnya tersebut.

Hal serupa juga dialami Sandy Walsh. Pemain KV Mechelen itu tidak diizinkan meninggalkan klub karena Piala AFF bukan agenda resmi FIFA. Karena itu, Mechelen enggan memberi izin kepada Sandy memperkuat timnas Indonesia.

Meski tak diperkuat dua pemain naturalisasi andalannya, Shin Tae-yong tetap percaya diri dengan 23 pemain yang akan dibawanya. Dia beralasan, pemain tersebut dipilih sesuai kebutuhan tim untuk Piala AFF.

Menurutnya, selama pemusatan latihan di Bali, para pemain menunjukkan perkembangan yang baik dan menunjukkan potensinya bersaing di turnamen nanti.

"Para pemain sudah siap mengikuti Piala AFF 2022. Masih ada beberapa hari untuk mematangkan taktik dan strategi jelang laga perdana," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI, Selasa (20/12/2022).

Untuk mewujudkan ambisi meraih gelar Piala AFF, Shin Tae-yong memanggil beberapa sejumlah pemain abroad seperti Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan. 

Dengan komposisi pemain yang ada, asa memenangkan Piala AFF untuk pertama kali dalam sejarah dilambungkan PSSI. Ketum PSSI, Mochamad Iriawan berharap, pemain yang dipilih bisa menunjukkan keras keras dan berjuang maksimal di turnamen nanti.

"Kami optimistis dengan nama-nama pemain yang dipilih pelatih Shin Tae-yong mampu membawa Indonesia meraih juara Piala AFF 2022. Apalagi, perjuangan tim Garuda akan didukung penuh suporter," ujarnya.

Sesuai jadwal, timnas Indonesia akan melakoni laga perdana melawan Kamboja, Jumat (23/12/2022) di Stadio Utama Gelora Bung Karno. 

Berikut faftar 23 pemain timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Kiper 

Nadeo Argawinata 
Muhammad Riyandi 
Syahrul Trisna 

Belakang 

Asnawi Mangkualam 
Jordi Amat 
Fachruddin Aryanto 
Rizky Ridho 
Pratama Arhan 
Hansamu Yama 
Edo Febriansah 

Tengah 

Marc Klok 
Syahrian Abimanyu 
Marselino Ferdinan 
Rachmat Irianto 
Ricky Kambuaya 
Yacob Sayuri 
Witan Sulaeman 
Egy Maulana Vikri 
Saddil Ramdani 

Depan 

Ilija Spasojevic 
Muhammad Rafli 
Dendy Sulistyawan 
Ramadhan Sananta

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network