Timnas Indonesia Kalah dari China, Peluang Lolos Tim Garuda Masih Terbuka Lebar

Abriandi
Timnas Indonesia menelan kekalahan dari China dengan skor 2-1, Selasa (15/10/2024) malam. (foto: ist)

QINGDAO, iNewsKutai.id - Timnas Indonesia menelan kekalahan dari China dengan skor 2-1, Selasa (15/10/2024) malam. Meski kalah, peluang tim Garuda lolos ke babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 masih terbuka lebar.

Bermain di Qingdao Youth Football Stadium, timnas Indonesia tampil dominan atas tuan rumah. Asnawi Mangkualam dkk tampil menekan sejak menit pertama.

Sayangnya, keasyikan menyerang membuat barisan pertahanan Indonesia lengah. Shayne Pattynama salah mengantisipasi bola pada menit ke-21 dan Behram Abduweli menghukum Indonesia dengan golnya.

Unggul satu gol membuat China semakin percaya diri. Di sisi lain, anak-anak Garuda berusaha mengejar ketertinggalan. The Dragon-julukan China meladeninya bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik cepat.

Strategi terbukti efektif setelah China kembali menggandakan keunggulan pada menit 44. Zhang Yuning mendapat umpan terobosan dan lolos jebakan offside dengan mudah menaklukkan Maarten Paes.

China unggul dua gol di babak pertama. Pada babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan sejumlah perubahan dengan memainkan Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, dan Thom Haye.

Namun, rapatnya barisan pertahanan China membuat timnas Indonesia kesulitan menciptakan gol balasan. Pada menit 85, Shin Tae-yong menurunkan Pratama Arhan dan Malik Risaldi.

Pergantian ini terbukti efektif. Lemparan jauh Arhan mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Thom Haye. Tembakanya roketnya setelah menerima bola pantulan dari pemain China menjebol gawang tuan rumah.

Gol ini meningkatkan rasa percaya diri pasukan Garuda mengejar ketertinggalan. Sayangnya, hingga tambahan waktu 9 menit berakhir, timnas Indonesia tidak mampu menyamakan kedudukan.

Hasil ini membuat timnas Indonesia tetap berada di peringkat 5 klasemen sementara Grup C. Sama-sama mengantongi nilai tiga dengan China, skuad Garuda unggul selisih gol. Kondisi ini membuat peluang timnas Indonesia untuk lolos ke babak keempat  Kualifikasi Piala Dunia 2026 masih terbuka lebar.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network