get app
inews
Aa Read Next : Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami tanpa Obat-obatan  

Cegah Stroke Akibat Kolesterol Tinggi dengan Jamu Herbal, Begini Cara Buatnya

Senin, 25 Juli 2022 | 08:14 WIB
header img
Jamu berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi. (Foto: Downshiftology)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Penyakit kolesterol tinggi pemicu stroke dan serangan jantung tidak hanya bisa diatasi dengan obat dari dokter. Banyak tanaman herbal bisa dimanfaatkan menurunkan kolesterol tinggi.

Salah satunya dengan mengolahnya menjadi jamu. Dengan demikian, tanaman herbal bisa lebih mudah dikonsumsi sehingga berdampak positif pada kesehatan khususnya menghalau kolesterol jahat dalam darah.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada sejumlah tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai jamu untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Berikut rangkuman dan cara membuatnya.

1. Daun Sirih 

Mengonsumsi daun sirih dipercaya menurunkan kolesterol. Caranya disa dengan merebusnya dalam air sampai mendidih, dengan jumlah daun sirih yang direbus minimal 3—4 lembar. 

Menurunkan kolesterol dengan daun sirih diungkapkan salah satu penelitian bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL). 
"Efek penurun lipid dari daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus," jelas keterangan dalam website Medindia, dikutip Minggu (24/7/2022) 

2. Jahe 

Makanan yang mengeluarkan rasa pedas hangat ini juga dipercaya sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5 gram bubuk jahe setiap hari. Mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% selama periode 3 bulan . 

"Ada beberapa bukti, baik pada manusia maupun hewan, bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat), kolesterol total, dan trigliserida darah secara signifikan," keterangan Healthline, dikutip Minggu (24/7/2022) 

3. Kunyit 

Kunyit sudah sejak lama menjadi minuman khususnya dijadikan jamu. Namun ternyata, ada khasiat yang belum umum diketahui yakni menurunkan kolesterol. Konsumsi kunyit putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. 

Karena itu, tanaman diduga bisa menjadi alternatif obat herbal bagi penderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat berkurang.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut