get app
inews
Aa Read Next : Harga Obat di Indonesia Lima Kali Lipat Lebih Mahal dari Malaysia, Ini Biang Keroknya

Menkes Soroti Antrean BPJS Kesehatan di Rumah Sakit, Bikin Pasien Tidak Nyaman

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:55 WIB
header img
Ilustrasi BPJS Kesehatan. (Foto: Doc. MNC )

JAKARTA, iNewsKutai.id - Antrean pendaftaran BPJS Kesehatan di rumah sakit mendapat sorotan dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Dia menilai, proses yang berbelit membuat  antrean memakan waktu lama sehingga pasien tidak nyaman.

Karena itu, dia meminta seluruh RS yang menjadi mitra BPJS membenahi segala hal yang membuat masyarakat tidak nyaman. Dia menekankan pelayanan BPJS Kesehatan harus mempermudah masyarakat. 

''Dengan demikian antrean masyarakat tidak terlalu lama lagi. Saya ingin segala hal yang membuat masyarakat tidak nyaman itu seperti antrean pendaftaran BPJS Kesehatan, parkir, dan nanti berikutnya kebersihan segera dibenahi,'' ujar Budi saat meninjau RSUM Muhammad Hosein Palembang, Kamis (28/7/2022). 

Budi menjelaskan, hal ini sejalan dengan transformasi kesehatan yang dicanangkannya. Dia mengungkapkan ada 6 pilar transformasi kesehatan yang diinisiasi, antara lain Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

Pembenahan pelayanan antrean di rumah sakit merupakan bentuk transformasi kesehatan di pilar kedua yakni transformasi layanan rujukan. Pada transformasi ini tidak hanya fokus pada pemenuhan fasilitas dan alat kesehatan untuk mengatasi berbagai penyakit, tetapi juga untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan tanpa antre dalam waktu yang lama. 

Pada kunjungannya ke RSUP ini, Menkes mengapresiasi inovasi yang dilakukan pihak rumah sakit. Terutama dalam mengatasi antrean BPJS Kesehatan. '

'Tadi saya sengaja mau melihat yang menjadi masalah di rumah sakit yaitu antrean pelayanan poliklinik BPJS Kesehatan. Namun, saya telah melihat inovasi rumah sakit untuk mengatasi antrean yang banyak. RSUP Dr. Mohammad Hosein sudah merapikan masalah antrean jadi lebih pendek dan beberapa sudah dibuat dengan sistem online atau digital,'' katanya.
 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut