get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata dan Anggota KKB Papua

Kronologi Oknum Anggota Brimob Tembak Prajurit TNI, Dipicu Keributan di Rumah Makan

Jum'at, 29 Juli 2022 | 06:08 WIB
header img
Ilustrasi penembakan prajurit TNI oleh oknum anggota Brimob di Yahukimo. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Gesekan antara anggota TNI dan Polri kembali terjadi Kabupaten Yahukimo, Rabu (27/7/2022). Seorang prajurit TNI, Praka AS anggota Kodim 1715/Yahukimo ditembak oknum anggota Satgas Brimob Damai Cartenz.

Penembakan yang terjadi di Polsek Kota Jalan Pemukiman Jalur 1 Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo itu dipicu persoalan keributan di sebuah rumah makan. Masalah tersebut berlanjut hingga malam hari dan kemudian terjadi penembakan.

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI JO Sambiring menjelaskan kronologi kejadian  penembakan. Dia mengungkapkan Praka AS pada siang hari sempat terlibat keributan dengan warga di rumah makan. Warga, kata dia kemudian melaporkan ke polsek setempat. 

"Informasi sementara pada siang hari memang ada prajurit bernama AS salah paham dengan warga di warung makan kemudian warga itu melapor kepada polsek," ujar JO Sembiring di Yahukimo, Kamis (28/7/2022).  

Dia menuturkan, sejumlah polisi kemudian mendatangi warung makan tersebut untuk melerai. Keributan itu, lanjut dia menyebabkan Praka Aso terluka dan dilarikan ke rumah sakit. "Teman-teman dari kepolisian datang untuk melerai. Prajurit kita sempat terluka dibawa kerumah sakit dan sudah diupayakan penyelesaian," tuturnya. 

Menurutnya, pada malam hari keluarga Praka AS dan teman-temannya mendatangi kantor polisi untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Saat itu, lanjut dia sempat cekcok hingga berujung penembakan. 

"Tetapi pada malam harinya diduga dari pihak keluargannya dan teman-temannya kembali mendatangi teman-teman dari polisi. Di situ terjadi cekcok kemudian teman-teman itu melakukan penembakan. Ini sementara, tapi lebihnya tim investigasi akan mencari kebenaran-kebenarannya," katanya.
 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut