Logo Network
Network

Kentang Goreng dan Deret Camilan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Muhammad Sukardi
.
Rabu, 24 Agustus 2022 | 14:39 WIB
Kentang Goreng dan Deret Camilan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan
Kentang goreng dan camilan lainnya mengandung kolesterol tinggi. (Foto : ilustrasi)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Camilan bagi orang Indonesia seolah menjadi hal yang wajib dalam keseharian. Tidak hanya saat bersantai namun juga ketika bekerja di kantor. Makanan ringan kerap tersaji di meja.

Padahal, tidak sedikit camilan yang terlihat sehat namun justru berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan kolesterol yang cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sekadar diketahui, kolesterol memang dibutuhkan tubuh untuk membakar lemak menjadi energi. Namun, jika jumlahnya berlebihan, akan menimbulkan masalah kesehatan serius seperti penyumbatan pembuluh darah yang akan memicu stroke dan serangan jantung.

"Jika konsumsi makanan yang mengandung kolesterol secara ideal, maka itu akan memberi dampak positif untuk tubuh. Tapi, yang berbahaya itu jika berlebihan," ungkap Julia Zumpano, ahli diet profesional, dikutip dari Cleveland Clinic, Rabu (24/8/2022). 

Lantas, apa saja 5 camilan dengan kandungan kolesterol tinggi tersebut? 

1. Keju 

Camilan yang mengandung keju tentu memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini karena kandungan sodium yang terkandung di dalam keju meningkatkan kolesterol dalam darah. 

2. Yogurt 

Minuman dengan cita rasa sedikit asam ini pun mengandung tinggi kolesterol. Karena itu, disarankan untuk ilih yogurt less fat atau low fat jika tetap ingin menikmatinya. 

3. Kentang Goreng 

Kentang goreng memiliki jumlah lemak jenuh dan kolesterol tinggi, karena proses memasak menggunakan minyak. Jika Anda ingin makan kentang, ada baiknya direbus atau dipanggang saja. 

4. Kulit Ayam Goreng 

Kulit ayam goreng sangat tinggi lemak dan ini dapat memicu kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Itu kenapa para ahli diet tidak menyarankan Anda makan kulit ayam jika sedang diet menurunkan berat badan. 

5. Kue Kering, Cake, hingga Donat 

Makanan yang mengandung mentega tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Tak hanya itu, camilan ini juga tinggi akan gula yang dapat meningkatkan kadar trigliserida darah. Terlalu banyak konsumsi makanan ini memicu risiko penyakit jantung koroner. 

Itu dia 5 camilan dengan kandungan kolesterol tinggi. Perlu diperhatikan asupan hariannya, sehingga tidak memberi dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini