get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Anak Jatuh dari Kapal, Warga Samarinda Tenggelam saat Libur Lebaran

Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024, Polisi Jaga Ketat Kantor KPU Bontang

Sabtu, 06 Januari 2024 | 21:21 WIB
header img
Pelipatan surat suara Pemilu 2024 di KPU Bontang mendapat penjagaan ketat polisi. (foto: ist/polres bontang)

BONTANG, iNewsKutai.id - Polres Bontang menjaga ketat proses pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang. Akses masuk dibatasi khusus untuk petugas pelipatan kertas suara.

Padal Pengamanan Pam KPU Bontang Ipda Yudi Susanto mengatakan, pengamanan pelipatan surat suara merupakan bagian dari tahapan Pemilu 2024 yang harus dilakukan dengan ketat. 

Dia pun memerintahkan anggotanya menjaga dan memeriksa ketat setiap petugas pelipatan surat suara yang keluar masuk gudang KPU di Jalan Awang Long Kelurahan Bontang Baru Kecamatan Bontang Utara.

"Penjagaan ketat dilakukan, hanya petugas yang diberi mandat oleh KPU ataupun Bawaslu yang kami perkenankan masuk ke dalam gudang lokasi pelipatan surat suara,"jelas Ipda Yudi dikutip dari laman Polres Bontang, Sabtu (6/1/2024).

Dia menjelaskan, surat suara menjadi dokumen sangat penting dalam pemilu karena menjadi penentu lembaran kertas yang nantinya dicoblos masyarakat saat pemungutan suara. Karena itu, pengamanan maksimal harus dilakukan untuk menjamin terjaganya surat suara utuh sesuai standar pemilu hingga saatnya digunakan nanti pada 14 Februari 2024.

Berdasarkan laporan KPU Kota Bontang, jumlah tenaga pelipatan surat suara Presiden dan Wakil Presiden maupun Pemilu 2024 sebanyak 45 orang. Dari hasil pelipatan dan sortir, sebanyak 50.023 lembar surat suara dinyatakan baik dan bisa digunakan.

Sementara, surat suara rusak sebanyak 59 lembar dan langsung dibuatkan berita acara.

"Pengamanan pelipatan surat suara ini merupakan bentuk komitmen Polri untuk mendukung Pemilu 2024 berjalan aman dan tertib. Polri akan terus melakukan pengamanan terhadap seluruh tahapan Pemilu 2024 hingga selesai,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut