get app
inews
Aa Read Next : Anies Baswedan Ungkap Biang Kerok Kegagalan Maju di Pilgub Jakarta, Sebut Parpol Diancam

Restui Kaesang Maju di Pilkada 2024, Jokowi : Jateng dan Jakarta Bagus

Selasa, 16 Juli 2024 | 13:25 WIB
header img
Presiden Joko Widodo mengisyaratkan mendukung putra bungsunya Kaesang Pangarep maju di Pilkada 2024. (foto: dok setpres)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisyaratkan mendukung putra bungsunya Kaesang Pangarep maju di Pilkada 2024.

Jokowi menilai Jawa Tengah (Jateng) maupun Jakarta menjadi wilayah yang bagus jika Kaesang mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

"Jawa Tengah bagus, di Jakarta juga bagus. Ini kan semua wilayah Indonesia,” kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (16/7/2024).

Pernyataan Jokowi ini di tengah gencarnya kabar jika Kaesang akan mengikuti jejak kakaknya Gibran Rakabuming Raka yang mencalonkan diri sebagai wali kota Solo dan kini sukses menjadi wakil presiden terpilih.

Kaesang yang menjabat Ketua Umum Partai solidaritas Indonesia (PSI) itu dalam beberapa waktu terakhir gencar melakukan safari politik. Dia mengunjungi sejumlah ketua umum partai politik.

Kaesang pertama kali menyambangi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Senin, 8 Juli 2024 lalu. Setelah itu, dia mengunjungi DPP Partai Golkar dan diterima ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dia juga menjajaki kemungkinan bertemu dengan pengurus PDI Perjuangan. Manuver ini diduga bagian dari memuluskan pencalonannya di Pilkada Jakarta. Kaesang sendiri menyatakan akan memberikan kejutan pada Agustus 2024 mendatang.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman menyatakan belum ada keputusan Kaesang terkait pilihan politiknya di Pilkada 2024. Hal ini sebagai respons atas isu menduetkan Kaesang dengan Jusuf Hamka setelah pertemuan Golkar dan PSI pada Jumat (12/7/2024).

"Ide itu disampaikan Golkar dalam pertemuan, namun tidak ada kesepakatan terkait usulan itu,” kata Budiman kepada iNews.id, Sabtu (13/7/2024). 

Dia menegaskan, pertemuan kedua partai membahas kerja sama pilkada di beberapa daerah serta penguatan kerja sama strategis terkait pembentukan fraksi di daerah, dan kerja sama pendidikan politik.

"Mas Kaesang Pangarep belum mengambil keputusan terkait rencana maju di pilkada. Kita tidak akan terburu-buru dan akan mencermati situasi politik dan mendengar suara masyarakat terkait hal ini," tutur dia.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut