get app
inews
Aa Read Next : Klasemen Sementara Perolehan Medali PON 2024, Kaltim Masih di Luar 10 Besar

Veddriq Leonardo Raih Medali Emas Pertama untuk Indonesia, Cetak Sejarah di Olimpiade 2024

Kamis, 08 Agustus 2024 | 19:15 WIB
header img
Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024. (foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON)

PARIS, iNewsKutai.id - Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Veddriq mengalahkan wakil China Wu Peng pada babak final di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024) petang WIB.

Sebelum meraih medali emas, Veddriq harus berjuang ekstra keras melewati babak perempat final. Dia harus menyingkirkan wakil tuan rumah, Bassa Mawem dengan catatan waktu 4,88 detik. 

Sementara Mawem finis dengan catatan waktu 5,26 detik dan memberi jalan kepada Veddriq ke semifinal.

Di semifinal, Veddriq berhadapan dengan jagoan Iran, Reza Ali Pour. Beruntung, pemanjat berusia 27 tahun itu sukses dengan selisih 0,06 detik atau 4,78 detik.

Catatan ini mempertajam waktu yang diraih Veddriq pada babak perempat final. Itu sekaligus merupakan personal best Veddriq sepanjang karirnya sebagai atlet panjat tebing.

Pada babak semifinal lainnya, pemegang rekor dunia dan rekor Olimpiade Sam Watson asal Amerika Serikat ditumbangkan wakil China, Wu Peng. Watson finis kalah 0,08 detik dari Wu Peng, yang membukukan waktu 4,85 detik.

Di partai puncak, Veddriq secara dramatis berhasil mengalahkan Wu Peng dengan selisihi 002 detik. Dia finis dengan catatan waktu 4,75 detik dan Wu mencatatkan waktu 4,77 detik.

Sementara medali perunggu dibawa pulang oleh Sam Watson, yang memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri dari 4,75 detik menjadi 4,74 detik. Dia mengalahkan Reza Ali Pour yang finis dengan waktu 4,88 detik.

Pencapaian ini menjadi sejarah bagi cabang olahraga panjat tebing yang untuk pertama kalinya dipertandingkan di Olimpiade. Atlet ini Indonesia langsung membawa pulang medali emas.

Medali emas ini juga yang pertama diraih kontingen Indonesia di Olimpiade selain dari cabang olahraga bulu tangkis. Ini juga menjadi medali kedua yang diraih tim Merah Putih setelah sebelumnya Gregoria Mariska Tunjung meraih medali perunggu bulu tangkis.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut