get app
inews
Aa Read Next : Daftar ke KPU, Edi Damansyah-Rendi Solihin Target Menang Besar di Pilkada Kukar

188 Kali Donorkan Darah ke PMI, Warga Muara Wis Terima Hadiah Umroh Gratis

Selasa, 17 September 2024 | 08:08 WIB
header img
Sukro warga Desa Lebak Mantan, Muara Wis mendapat hadiah umroh karena sudah 188 kali mendonorkan darahnya ke PMI. (foto: ist/pemkab kukar)

TENGGARONG, iNewsKutai.id – Sukro (61) warga Desa Lebak Mantan, Muara Wis semringah. Dia tidak menyangka, rutinitasnya mendonorkan darah ke Palang Merah Indonesia (PMI) menjadi jalan menuju Tanah Suci, Mekkah.

Ya, Sukro mendapat hadia umroh dari Pemkab Kukar karena sudah 188 kali mendonorkan darah. Dia menjadi satu dari dua orang di Kukar yang melakukan donor darah di atas 150 kali.

Sukro menceritakan, dirinya mulai melakukan donor darah sejak duduk di bangku kelas 2 SMA hingga sekarang. Dia mengaku ini menjadi salah satu cara bagi dirinya untuk memberi manfaat bagi orang lain.

"Sudah rutin donor darah sejak kelas 2 SMA hingga sekarang sudah menginjak 61. Totalnya sudah 188 kali mendonorkan darah," jelasnya Sukro dikutip dari laman Pemkab Kukar, Selasa (17/9/2024).

Sukro mengaku bahagia mendapatkan apresiasi berupa hadiah umroh. Namun, menurutnya hadiah dan pengakuan itu hanya bonus karena tujuan utamanya dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

"Intinya saya niatkan ikhlas untuk ibadah, dan berharap yang menerima darah bisa cepat sembuh dari sakitnya," ujarnya.

Tidak hanya membantu orang lain, sambung Sukro, rutin donor darah juga membuat fisik dan mentalnya menjadi lebih sehat. Dia mengaku akan terus mendonorkan darahnya demi kemanusiaan.

"Saya juga sudah mendapat gelar Pahlawan Kemanusiaan oleh Pemerintah Pusat karena rutin melakukan donor darah," pungkas disela peringatan HUT PMI ke-79 di lapangan parkir pendopo Bupati Kukar, Minggu (15/9/24) pagi.

Dalam acara tersebut, juga diberikan piagam penghargaan dan cinderamata bagi para pendonor 10 kali, 25 kali dan 50 kali dan cinderamata khusus kepada para pendonor 100 kali.
 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut