get app
inews
Aa Read Next : Tiga Tewas dan Belasan Rumah Dibakar dalam Bentrok Warga di Maluku Tengah

Oknum Anggota TNI Mengamuk di Masohi, Lukai Rekannya lalu Tembak Mati Personel Brimob 

Rabu, 16 Maret 2022 | 13:12 WIB
header img
Oknum anggota TNI di Maluku Tengah menembak anggota Brimob hingga tewas. (Foto: Ilustrasi)

MASOHI, iNewsKutai.id - Seorang anggota Brimob Yon B Polda Maluku Tengah, Bharaka Fery tewas ditembak oknum anggota TNI, Rabu (16/3/2022). Pelaku Pratu Riyan, anggota Pos 8 Liang SSK II Satgas Pamrahwan Yonarhanud 11/WBY, Kesatuan Kodim 1502/Masohi, juga menembak rekannya, Prada Raju hingga kritis

Tidak hanya itu, saat tiba-tiba mengamuk, pelaku juga sempat menembak komandannya Letda Arh Firlanang namun meleset. Saat ini, pelaku sudah diringkus dan diamankan di Koramil Waipia.

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo Choirul Fajar membenarkan, adanya inseiden penembakan itu. "Kita masih mengecek laporan dari lapangan," kata Kolonel Arh Adi Prayogo, Rabu (16/3/2022).

Dari informasi yang dihimpun, insiden berdarah itu bermula ketika Pratu Riyan sedang berbincang dengan Danpos satgas Liang a.n Letda Arh Firlanang di teras Pos Satgas di Desa Liang Kecamatan TNS Kabupaten Maluku Tengah. 

Keduanya membahas tentang orang tua dari Pratu Riyan yang sedang sakit. Saat itu, Pratu Riyan meminta izin untuk pulang ke Jambi menengok orang tua. 

Sekira pukul 22.00 WIT, Danpos Letda Arh Firlanang masuk ke dalam pos untuk istrahat. Sementara Pratu Riyan masuk ke dalam kamar untuk mengambil sangkur.
Selanjutnya, Pratu Riyan menuju gudang senjata milik Pos Satgas Ter Liang untuk mengambil senpi inventaris pos. 

Dia mengambil sepucuk senjata serbu SS2 dan magazen serta peluru tajam. Kemudian, Pratu Riyan menuju ke kamar Danpos Letda Arh Firlanang yang berdekatan dengan gudang senjata lalu melepaskan tembakan sebanyak satu kali ke arah komandannya tapi meleset.

Pratu Riyan kemudian keluar dari pos melalui pintu depan dengan membawa senjata dan kembali melakukan penembakan ke arah Prada Raju yang pada saat itu keluar dari pintu depan pos dan mengenai dada sebelah kanan sebanyak 1 kali. 

Kemudian, sekira pukul 00.00 WIT, Pratu Riyan melarikan diri menuju ke arah Kampung Desa Liang. Saat itu, melintas anggota Satbrimob Yon B Bharaka Fery menggunakan sepeda motor dan diberhentikan oleh Pratu Riyan untuk menumpang. 

Saat melintas di jembatan Desa Liang, Pratu Riyan meminta korban Bharaka Fery untuk berhenti. Kemudian Pratu Riyan turun dari sepeda motor dan diikuti Bharaka Fery. Pada saat Bharaka Fery turun dari sepeda motor, Pratu Riyan menembak ke arah Bharaka Fery yang mengenai dada bagian bawah sebelah kiri.

Setelah melakukan penembakan pelaku membuang senpi yang dibawanya dan membawa sepeda motor milik Bharaka Fery untuk meninggalkan TKP menuju rumah warga untuk bersembunyi. 

Sekira pukul 03.00 WIT, Pratu Riyan dijemput Kapolsek Elpaputih Iptu Rustom bersama anggota Polsek Elpaputih selanjutnya diserahkan ke Koramil Waipia. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut