get app
inews
Aa Read Next : Perbaikan Kerusakan Jalan di Kaltim Terkendala Anggaran, Isran Noor: Dana Perimbangan Minim

Jalan Rusak di Kaltim Diguyur Rp1,1 Triliun, Jalur Samarinda-Bontang Dijamin Mulus Tahun Ini

Senin, 04 April 2022 | 07:16 WIB
header img
Kerusakan jalan di ruas jalan nasional Samarinda-Bontang. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim mendapatkan alokasi dana Rp1,1 triliun untuk perbaikan jalan dan jembatan di seluruh ruas jalan nasional di Kaltim.

Dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan ruas Samarinda-Bontang dan jalur menuju Kutai Barat hingga perbatasan Kalimantan Tengah. Perbaikan juga akan dilakukan dari Berau hingga perbatasan Kaltara serta Paser hingga batas Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Jalan BBPJN Kaltim Purnyoto mengungkapkan, untuk kegiatan preservasi jalan dan jembatan, APBN menyiapkan sebanyak Rp1,1 triliun tersebar di seluruh ruas jalan nasional di Kaltim.

Dia menjelaskan tahun ini, Kementerian PUPR telah menyiapkan APBN untuk preservasi jalan Simpang 3 Lempake - Simpang 3 Sambera - Santan dengan alokasi lumayan besar.

"Untuk Simpang 3 Lempake - Simpang 3 Sambera - Santan, alokasi pagu indikatif yang kita siapkan sebesar Rp136,15 miliar," kata Purnyoto di Kantor BBPJN Kaltim Balikpapan, pekan lalu.

Angka ini menjadi yang terbesar di antara peta rencana penanganan tahun 2022 untuk kegiatan preservasi jalan dan jembatan. Bukan hanya mulus hingga Santan, APBN pun telah juga disiapkan untuk preservasi jalan Santan - Bontang - dalam Kota Bontang.

"Untuk jalur Santan sampai dalam Kota Bontang, APBN kita alokasikan sebesar Rp 35,43 miliar," ungkap Purnyoto.

Setelah selesainya seluruh perbaikan jalan tahun ini, diharapkan kondisi jalan dari Samarinda menuju Bontang akan lebih baik sehingga waktu tempuh bisa lebih singkat.

Sementara untuk jalur menuju Kutai Barat serta perbatasan, penanganan preservasi jalan ini dilakukan menggunakan dana single year contract (SYC) dan multiyears contract (MYC).
.
"Sedangkan untuk Kabupaten Mahakam Ulu masuk dalam peta rencana penanganan tahun 2022 untuk kegiatan pembangunan jalan melalui MYC. Sedangkan untuk pemeliharaan menggunakan SYC," bebernya.
.
Untuk Kabupaten Mahakam Ulu beberapa pekerjaan pembangunan jalan yang akan dilakukan adalah Long Bagun - Tering 1, Tiong Ohang - Long Pahangai 3, Long Bagun - Tering 3 dan Long Pahangai - Long Boh dengan total alokasi dana sekitar Rp145 miliar. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut