get app
inews
Aa Read Next : Kabar Gembira! Maarten Paes Bisa Bela Timnas Indonesia Lawan Arab Saudi

Jamaah Haji Indonesia Kebingungan Sandal Hilang di Masjid Nabawi

Senin, 06 Juni 2022 | 11:22 WIB
header img
Jamaah haji Indonesia mengeluahkan kehilangan sandal di Masjid Nabawi. (Foto ilustrasi: iNews.id/Reuters).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pelaksanaan ibadah haji selalu diwarnai dengan kejadian sepele namun cukup merepotkan. Seperti jamaah haji Indonesia yang kehilangan sandal saat beribadah di Masjid Nabawi.

Petugas Haji di Posko Utama Masjid Nabawi Siti Isnaini mengatakan, kejadian tersebut memang kerap dialami jamaah haji. Pasalnya, tidak sedikit jamaah yang lupa di mana meletakkan sandal atau disorientasi arah saat akan meninggalkan masjid. 

"Biasanya jamaah masuk di pintu mana keluar di pintu lain sehingga lupa tempatnya menyimpan sandal. Padahal kan sudah disiapkan loker penyimpangan," ujarnya dilansir laman resmi Kemenag, Senin (6/6/2022).

Sebelumnya, Kementerian Agama mengimbau kepada seluruh jamaah haji Indonesia untuk tetap mengenakan sandal. Alasannya, cuaca panas di Arab Saudi cukup ekstrem dan berpotensi membuat kaki melepuh.

Karena itu, jamaah yang kehilangan sandal tidak disarankan kembali ke hotel tanpa alas kaki. Sebab saat ini cuaca di Madinah tengah memasuki musim panas dimana suhu siang hari bisa mencapai 43-46 derajat celsius. 

"Sandal harus tetap dipakai, nanti dibuka saat di depan pintu masjid," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Amin Handoyo. 

Namun ketika jamaah haji akan  masuk masjid, mereka dapat menyimpan sandal dalam plastik yang dibawa. Kemudian, sandal juga dapat diletakkan di sisi jemaah saat salat atau, dimasukkan bahkan diikatkan di tas yang dibawa. 

"Jadi buka saja di depan pintu masuk masjid, lalu selesai salat begitu keluar pakai langsung," ujar dia.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut