get app
inews
Aa Read Next : 5.126 Tenaga Pengamanan Dikerahkan Amankan TPS Pemilu 2024 di Kota Samarinda

259 Calon Jamaah Haji Samarinda Siap Diberangkatkan, Kloter Pertama Terbang 21 Juni

Selasa, 07 Juni 2022 | 14:37 WIB
header img
Sebanyak 259 calon jamaah haji Kota Samarinda akan diberangkatkan dalam tiga kelompok terbang. (Foto: Ilustrasi/Ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Sebanyak 259 calon jamaah haji Kota Samarinda akan diberangkatkan dalam tiga kelompok terbang. Kloter pertama akan diterbangkan ke Arab Saudi pada 21 Juni mendatang melalui Embarkasi Balikpapan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Samarinda, Baequni mengungkapkapkan, calon jamaah haji dari Kota Tepian terbagi dalam Kloter 1, Kloter 6 dan 7. Menurutnya, ada jeda waktu sekitar satu minggu untuk pemberangkatan kloter pertama dengan kloter selanjutnya.

“Untuk kloter pertama berangkat pada 21 Juni, kloter enam 28 Juni dan kloter tujuh berangkat pada  29 Juni. Semua rombongan berangkat dari halaman GOR Segiri Samarinda menuju asrama Haji Balikpapan,” jelasnya dalam rapat koordinasi pemberangkatan jamaah haji Samarinda, Selasa (7/6/2022).

Untuk persiapan, seluruh barang bawaan calon jamaah haji akan dikumpulkan di Kantor Kemenag Samarinda, mulai 17 Juni mendatang.

Asisten 1 Pemkot Samarinda Ridwan Tassa mengatakan, calon jamaah haji akan dilepas secara resmi oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun di Gedung GOR Segiri Samarinda. 

"Wali Kota akan memberikan sedikit arahan serta dirangkai dengan manasik umum dan juga arahan dari panitia haji untuk jamaah terkait persiapan apa saja yang harus dibawa sebelum keberangkatan nanti,” jelas Ridwan.

Untuk keberangkatan kloter pertama pada 21 Juni nanti, sambung Ridwan, juga rencananya akan dilepas Wali Kota. Jumlah jamaah untuk kloter pertama ini ada sebanyak 186 orang.

“Jika tidak ada halangan kloter pertama akan berangkat dari GOR Segiri mulai pukul 04.00 WITAsehingga diharapkan dini hari para jamaah sudah berada di GOR Segiri. Begitu juga dengan kloter 6 pada 27 Juni nanti, sama keberangkatan pada jam yan sama,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk kloter pertama disiapkan enam bus karena jumlahnya cukup banyak. Sementara dua kloter sisanya hanya disediakan dua bus. Selama dalam perjalanan menuju asrama haji Balikpapan, para calon jamaah haji ini tetap didampingi tim kesehatan dan juga petugas haji dari Kemenag serta Pemkot Samarinda. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut