Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Mantan Komandan Unit Elit Kopassus Jabat Pangdam Mulawarman

Faieq Hidayat
Mayjen TNI Tri Budi Utomo resmi menjabat Pangdam VI Mulawarman. (foto: ist)

Kariernya semakin melesat saat dia ditunjuk sebagai Komandan Grup A Paspampres.  Tri ketika itu menggantikan Kolonel Inf Mohamad Hasan, seniornya di Kopassus. 

Setelah itu dia menjabat Danrem. Berdasarkan validasi organisasi TNI, Korem 052/Wijayakrama dinaikkan menjadi tipe A. Itu artinya Danrem dijabat Brigjen. Dengan promosi jabatan sebagai Danrem 052/Wkr, Tri pun pecah bintang. 

Diketahui, Korem 052/Wijayakrama membawahi Kodim Jakarta Barat, Jakarta Utara, Tangerang dan Tigaraksa.  Tri Budi selanjutnya dipercaya sebagai wadanjen Kopassus berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/666/VIII/2020 tanggal 26 Agustus 2020. 

Dalam jabatannya ini, dia dipercaya sebagai Kepala Operasi Satgas Nemangkawi dari TNI. Salah satu tugas satgas tersebut yakni memburu dan menumpas gerombolan teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Kini Tri Budi kembali mendapatkan tugas berat. Hal itu karena Kodam Mulawarman membawahi wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara. Pemerintah saat ini tengah fokus untuk memulai pembangunan fisik.

Sebelumnya, Tri Budi Utomo dilantik sebagai Pangdam Mulawarman oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Jumat (15/7/2022). 

Editor : Abriandi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network