Cara Mudah Diet dengan Air Putih, Dijamin Berat Badan Turun

Kevi Laras
Mengonsumsi air putih cukup memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu menurunkan berat badan. (Foto: iNews.id/Pixabay).

JAKARTA, iNewsKutai.id - Mengonsumsi air putih bisa menjadi bagian dari program diet. Namun, caranya harus tepat agar berdampak pada kesehatan khususnya menurunkan berat badan.

Air putih sejatinya sangat sehat dan memiliki segudang manfaat untuk tubu. Tidak hanya sekadar hidrasi, konsumsi air putih membuat sel-sel tubuh bisa bekerja maksimal. 

Dilansir Every Day Health, air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama bagi sel-sel tubuh. 

"Setiap sel dalam tubuh kita membutuhkan air. Air sangat penting untuk fungsi pencernaan, jantung, paru-paru, dan otak,” kata Sarah Krieger, Ahli Gizi Diet di Florida, AS, Rabu (20/7/2022). 

Namun, untuk menjadikan air putih sebagai bagian dari program diet, ada beberapa tips yang wajib diketahui agar hasilnya maksimal. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara diet dengan air putih dijamin ampun turunkan berat badan.

1. Segelas Air sebelum Makan

Sangat disarankan untuk meminum satu gelas air sebelum makan. Hal ini akan membantu membuat perut terasa kenyang lebih cepat. Minum air putih juga memunculkan perasaan puas ketika makan. 

Para peneliti memublikasikan temuan mereka pada Oktober 2018 di jurnal Clinical Nutrition Research. Penelitian itu menemukan bahwa minum air sebelum makan membantu pria dan wanita makan lebih sedikit sekaligus merasa sama puasnya dengan kelompok yang tidak minum air sebelumnya. 

2. Minum sebelum Tidur 

Minum satu atau dua cangkir air sebelum tidur. Anda harus bangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi, dan itu akan mengganggu tidur. 

Opsi lain bisa membawa segelas air ke samping tempat tidur di malam hari untuk berjaga-jaga jika merasa haus. Bagi banyak pasien yang menjalani pengobatan, salah satu efek sampingnya adalah mulut kering. 

"Jadi menjaga asupan H20 (air) dapat membantu," kata Krieger. 

3. Minum setelah Makan 

Minum air putih sebagai pencuci mulut setelah makan dapat membantu pencernaan. Air sangat penting untuk diminum bersama makanan berserat tinggi. "Serat bergerak melalui sistem pencernaan dan menyerap air, membantu membentuk tinja dan meningkatkan keteraturan," kata Melissa Mitri, pemilik Melissa Mitri Nutrition LLC di Milford, Connecticut. 

4. Minum sebelum, selama, dan setelah Olahraga 

Seseorang bisa mengalami dehidrasi sebelum berolahraga. Untuk olahraga ringan (seperti jogging di luar, jalan cepat di pagi hari, atau naik sepeda), minumlah segelas air sekitar 30 menit sebelumnya dan minum juga selama berolahraga. 

Pastikan minum air secara teratur pada hari-hari menjelang latihan, terutama yang bersifat berat atau mengeluarkan banyak keringat. Sejumlah penelitian menunjukkan, minum lebih banyak air dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan dan pemeliharaan bobot tubuh itu sendiri.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network