Waspada, Ini Gejala Kista di Batang Otak Penyakit yang Diderita Sarwendah Istri Ruben Onsu

Muhammad Sukardi
Ruben Onsu menyebut Sarwendah mengidap penyakit langka. Kondisi ini baru diketahui setelah Sarwendah menjalani operasi kista di Rumah Sakit Bunda Jakarta. (Foto/Instagram Sarwendah)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Keluarga presenter Ruben Onsu tengah menghadapi cobaan. Sang istri, Sarwendah divonis terkena kista di batang otak. Lalu seperti apa gejala penyakit tersebut?

Kista secara umum diartikan sebagai benjolan yang berisi cairan. Untuk kista di batang otak, mayoritas sudah tumbuh ketika masih bayi. Dilansir Saint Luke's, kista di batang otak biasanya berisi cairan serebrospinal (CSF) yang serupa dengan cairan di sumsum tulang belakang. 

Pada umumnya kista di batang otak bersifat jinak atau tidak berbahaya. Artinya tidak akan menyebar ke bagian tubuh lain. Namun, jika kista terus membesar, otomatis akan menekan sel saraf yang ada di otak.

Akibatnya, sejumlah gejala mulai bermunculan seperti sakit kepala, masalah penglihatan, ataupun rasa mual yang berlebih. Kalau gejala-gejala tersebut menetap dan membuat seseorang susah beraktivitas, tim medis biasanya menyarankan untuk mengangkat kista tersebut dengan proses pembedahan. 

"Jika kista berukuran kecil dan tidak tumbuh di banyak lokasi, serta tidak menyebabkan gejala, tim medis mungkin menyarankan Anda untuk sekadar memantau kista tersebut daripada operasi," terang laporan kesehatan tersebut, dikutip Rabu (20/7/2022). 

Menjadi pertanyaan sekarang, kenapa seseorang bisa mengalami pertumbuhan kista di batang otak? Pada kebanyakan kasus, kista di batang otak terbentuk pada beberapa minggu pertama ketika janin tumbuh di dalam rahim. 

Tapi, kasus yang jarang sekali terjadi, kista bisa terbentuk karena cedera kepala atau trauma lain pada otak. Lalu, apa saja gejala seseorang punya kista di batang otak? Gejala akan sangat ditentukan dari letak kista tumbuh di otak. 

Tapi, kista yang berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali. Gejala yang mungkin dialami seseorang yang memiliki kista di batang otaknya antara lain: 

1. Sakit kepala 
2. Mual dan muntah 
3. Vertigo atau pusing 
4. Masalah pendengaran atau penglihatan 
5. Sulit seimbang ataupun berjalan 
6. Sakit di wajah 
7. Kejang (tidak umum) 

Jadi, begitulah kista di batang otak tumbuh. Sangat diperlukan kesadaran bagi setiap masyarakat jika mengalami masalah di atas untuk periksakan diri ke dokter. Semakin dini kista di batang otak ditemukan, akan semakin besar kemungkinan sembuhnya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network