Bisa Menyebabkan Lumpuh Permanen, Ini Gejala Penyakit Polio pada Anak-Anak

Kevi Laras
Gejala penyakit polio pada anak-anak patut diwaspadai karena bisa menyebabkan kelumpuhan. (foto: ilustrasi/ist

JAKARTA, iNewsKutai.id – Gejala umum penyakit polio pada anak-anak patut diwaspadai seiring dengan status Kejadian Luar Biasa (KLB) pasca temuan kasus di Aceh. Saat ini, sudah ada 3 pasien yang terkofirmasi polio.

Usai kasus gangguan ginjal akut pada anak-anak, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kini dibuat waspada dengan munculnya penyakit polio. Penyakit ini disebabkan infeksi virus yang bernama poliovirus.

Dalam istilah medis, peyakit ini disebut poliomyelitis dan menyerang sistem saraf dalam tubuh. Polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada anak anak hingga kematian akibat kelumuhan sistem pernapasan.

Sejatinya, penyakit ini bisa dicegah dengan vaksinasi polio pada anak-anak. Namun, adanya stigma negatif dan informasi yang salah terkait vaksinasi membuat banyak orang tua memilih mengabaikan hal tersebut.

Akibatnya, banyak anak-anak yang potensial terserang polio. Ironisnya, umumnya orang tua masih awam dengan gejala penyakit ini sehingga mengakibatkan makin tingginya risiko penyakit semakin parah. 

Dokter anak Dr Johanes Eddy Siswanto, dari Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional RSAB Harapan Kita mengungkapkan jika penyakit polio tidak memiliki gejala khas. Namun jika tidak segera ditangani, risiko kelumpuhan menjadi ancaman.

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network