Incar Kapal Induk China, Taiwan Persenjatai Korvet dengan Rudal Supersonik Brave Wind

Muhaimin, Sindonews
Taiwan mempersenjatai lima korvet kelas Tuo Chiang dengan rudal pemangsa kapal induk. (Foto: ilustrasi/reuters)

TAIPEI, iNewsKutai.id - Militer China tampaknya harus berpikir dua kali jika ingin menyerang Taiwan. Pasalnya, Taipei sudah mempersenjatai lima korvet kelas Tuo Chiang dengan rudal pemangsa kapal induk.

Modernisasi ini menunjukkan keseriusan Taiwan menghadapi kemungkinan invasi Beijing ke negara kepulauan tersebut di tengah meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan. 

Dikutip Sputnik Selasa (13/12/2022), lima korvet kelas Tuo Chiang dengan bobot 685 ton yang tersisa dalam pesanan, akan dilengkapi dengan delapan rudal anti-kapal supersonik Hsiung Feng III (Brave Wind). 

Rudal pembunuh kapal induk ini adalah salah satu yang paling berbahaya di gudang senjata Taiwan. Misil tersebut menggendong hulu ledak seberat 500 pound dengan kecepatan hingga 2,5 kali kecepatan suara.

Rudal tersebut untuk menyerang target permukaan pada jarak hingga 250 mil. Kecepatan misil tersebut diyakini tidak akan mampu ditangkal senjata pertahanan udara mengingat ukuran kapal induk jauh lebih besar.

Selain rudal canggih, kapal perang kelas Tuo Chiang yang akan dioperasikan Taiwan akan mendapatkan empat rudal anti-kapal Hsiung Feng II yang lebih tua dan 16 rudal surface-to-air Ha-Chien II. 

Ketiga kapal kelas Tuo Chiang yang sudah selesai dibangun memiliki muatan senjata yang sedikit lebih ringan, tetapi tetap menjadi senjata ampuh. Memasang kapal lincah seperti korvet dengan senjata "shoot-and-scoot" yang kuat seperti rudal adalah bagian dari strategi perang asimetris yang semakin dikejar oleh Taipei karena ketakutannya akan konflik dengan China. 

Amerika Serikat telah mendorong pemikiran asimetris di Taiwan yang dipicu konflik di Ukraina. Sejauh ini, AS telah memperkuat Taiwan dengan menjual berbagai senjata anti-kapal dan anti-udara kepada Taipei dalam beberapa tahun terakhir. 

Sementara Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsinya yang bandel dan melihat pemerintah Taipei sebagai sisa-sisa bekas Republik China, yang tetap hidup dengan dukungan dari kekuatan asing seperti AS. 

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : 5 Kapal Perang Taiwan Bakal Dilengkapi Rudal Pembunuh Kapal Induk, China dalam Bahaya)

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network