Viral Masker Wajah dari Darah Menstruasi, Awas Bahaya Ini Intai Pemakainya

Wiwie Heriyani
Bahaya masker wajah menggunakan darah haid atau menstruasi. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Viral masker wajah menggunakan darah haid. Metode perawatan ini sedang tren menjadi konten di media sosial terutama TikTok. Padahal, penggunaan darah haid menjadi masker bisa membahayakan penggunanya.

Konten masker wajah dengan darah haid ini viral dengan tagar periodfacemask. Tidak sedikit perempuan mengikuti tren menjadikan darah sebagai skincare yang diklaim membuat wajah terlihat awet muda.

Mereka mengumpulkan darah haid yang terkumpul dalam pembalut ke dalam wadah kecil. Lebih ekstrem lagi, ada yang bahkan langsung memeras darah dari pembalut kemudian mengoleskannya ke wajah dan leher menggunakan jari yang bersih.

Setelah itu, darah dibiarkan mengering selama 15 sampai 20 menit. Namun, tidak sedikit pula yang kontra dengan tren ini. Banyak netizen merasa jijik dengan masker darah haid tersebut.

Mereka memilih bersikap rasional dan menolak dengan argumentasi tidak didukung penelitian ilmiah. Dilansir dari laman Healthnews, Sabtu (4/2/2023), memang belum ada bukti ilmiah yang bisa membuktikan manfaat darah haid sebagai masker wajah. 

Alih-alih meembuat wajah menjadi awet muda, darah haid justru menyimpan bahaya bagi kesehatan kulit. Darah menstruasi telah terkontaminasi dengan bakteri sehingga berisiko jika dioleskan ke kulit.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, darah haid mengandung sel-sel mati yang bisa menyebabkan berbagai masalah iritasi kulit. Bahkan potensi infeksi meningkat karena darah menstruasi melewati vagina yang banyak mengandung bakteri dan jamur.

Terutama yang mengalami infeksi vagina, serviks, atau endometrium. Hal ini justru bisa memicu terjadinya infeksi jamur yang berbahaya bagi kulit terutama jerawat dan kondisi gangguan kulit lainnya.

Selain itu, darah haid juga juga bisa menginfeksi mata karena digunakan di bagian wajah. Anda patut waspada terutama pada virus herpes yang bisa menginfeks mata dan menyebabkan gangguan penglihatan hingga kebutaan.

(artikel ini telah tayang di celebrities.id dengan judul : Fakta Masker Wajah Darah Haid, Awas Bisa Bikin Infeksi Kulit!)

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network