234 Warga Sintang Digigit Anjing Rabies, Lima Orang Meninggal Dunia

Antara
Sebanyak 234 warga Sintang digigit anjing rabies dan mengakibatkan 5 orang meninggal dunia. (Foto: Ilustrasi/Istimewa).

SINTANG, iNewsKutai.id - Kasus rabies di Sintang, Kalimantan Barat sangat mengkhawatirkan. Sepanjang 2023, sudah ada 234 kasus gigitan anjing rabies menimpa warga di 14 kecamatan.

Akibatnya, 5 orang di antaranya meninggal dunia lantaran terlambat mendapat penanganan medis berupa suntikan anti rabies. Bupati Sintang Jarot Winarno tidak membenarkan jika kasus rabies di wilayahnya cukup mengkhawatirkan.

"Data terbaru menunjukkan sudah lima warga yang meninggal akibat gigitan anjing rabies. Kasus yang terdata sejauh ini mencapai 234 orang," jelas Jarot di Sintang, Selasa (6/6/2023). 

Jarot yang juga seorang dokter mengatakan, penyakit rabies atau anjing gila menyerang susunan syaraf pusat manusia. Virus itu menular dari gigitan hewan anjing, kucing, dan monyet yang terinfeksi rabies. 

Orang yang terkena gigitan anjing rabies harus segera ditangani tim medis. Pasalnya, infeksi virus rabies akan menyerang sistem syaraf secara perlahan dan berakibat fatal hingga meninggal dunia jika tidak segera mendapatkan vaksin.

Untuk menekan penyebaran rabies, Jarot mengaku telah menerbitkan surat edaran tentang pencegahan dan penanggulanan rabies dan membentuk satgas melakukan vaksinasi pada hewan penular rabies. 

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network