Pesawat Japan Airlines Angkut 397 Penumpang Tabrakan di Udara, Terbakar saat Mendarat di Haneda

Andika H Mustakim/Abriandi
Pesawat Japan Airlines terbakar saat mendarat di landasan pacu di Bandara Haneda Tokyo. (foto: reuters)

TOKYO, iNewsKutai.id - Pesawat Japan Airlines terbakar saat mendarat di landasan pacu di Bandara Haneda Tokyo pada Selasa (2/1/2024) malam. Api melalap habis pesawat yang mengangkut 397 penumpang tersebut.

Rekaman di stasiun televisi NHK menunjukkan, api terlihat dari badan pesawat. Bahkan, landasan pacu ikut terbakar. Sejumlah truk pemadam kebakaran berada di lokasi kejadian saat asap dan api mengepul dari pesawat. 

Rekaman menunjukkan ledakan saat pesawat meluncur di darat. Video TV lokal juga menunjukkan semburan api besar terjadi dari sisi pesawat Japan Airlines di landasan pacu. 

Area sekitar sayap pesawat jenis Airbus A350 kemudian terbakar. 

Insiden ini diduga dipicu tabrakan dengan pesawat penjaga pantai Jepang yang berukuran lebih kecil.

"Pesawat yang lepas landas dari Sapporo bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai di Bandara Haneda," jelas pihak berwenang Jepang dilansir NHK.

Pernyataan senada disampaikan Japan Airlines yang menyebut pesawat bertabrakan dengan pesawat yang dioperasikan oleh Penjaga Pantai Jepang. Seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 379 orang dipastikan dievakuasi. 

Media Jepang melaporkan hampir 400 penumpang dan awak pesawat berhasil dievakuasi dengan selamat. Belum jelas apa yang terjadi atau apakah ada korban luka. 

NHK TV melaporkan, pesawat tersebut adalah JAL penerbangan 516 yang terbang dari bandara Shin Chitose di Jepang menuju Haneda. Haneda adalah salah satu bandara tersibuk di Jepang, dan banyak orang melakukan perjalanan selama liburan Tahun Baru.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 02 Januari 2024

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network