Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Semayang Diprediksi Hari Ini hingga Besok

Emy Adawiyah
Puncak arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Semayang diperkirakan akan terjadi Senin (15/4/2024) hingga Selasa besok.

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Arus balik Lebaran 2024 di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, terus meningkat. Puncak arus balik diperkirakan akan terjadi Senin (15/4/2024) hari ini hingga Selasa besok.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut dan Usaha Pelabuhan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) I Komang Wisnu Dananjaya mengungkapkan, peningkatan arus balik sudah terjadi sehari sebelumnya.

"Perkiraan kami puncak arus balik penumpang dengan kapal laut di Pelabuhan Semayang dari 14 April malam hingga 16 April 2024," ungkap Komang dalam diskusi arus balik Lebaran 2024 dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Minggu (14/4/2024)

Komang memperkirakan, tidak kurang dari 4.000 penumpang akan tiba di Pelabuhan Semayang dengan kapal laut. Kapal-kapal yang akan tiba berasal dari Surabaya, Jawa Timur; Parepare, Sulsel, dan Pantoloan, Sulawesi Tengah.

Mengantisipasi puncak arus mudik, KSOP telah bersiap bekerja sama dengan operator pelayaran dan terminal untuk menghadapi peningkatan jumlah penumpang.

Sejumlah langkah telah diambil, termasuk penyiapan personil tambahan untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan penumpang di Terminal Pelabuhan Semayang.

Komang menambahkan, sejauh ini masalah yang kerap ditemukan di lapangan yakni penumpang tanpa tiket atau tiket tidak sesuai identitas. KSOP terus memberikan edukasi kepada penumpang tentang pentingnya memiliki tiket sesuai identitas untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan.

"Kami ingatkan agar penumpang melengkapi identitas diri dan membeli tiket hanya di agen resmi yang ditunjuk atau kantor perusahaan pelayaran terpercaya," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network