Aturan Tiga Pemain Senior Disetujui AFC, Timnas Indonesia Bisa Full Team di SEA Games

Riefqi Herjoko
Aturan baru tiga pemain senior memungkinan timnas Indonesia tampil full team pada SEA Games 2022. (foto: pssi)

HANOI, iNewsKutai - Aturan tiga pemain senior akan diberlakukan pada ajang SEA Games ke-31 berlangsung mulai 12-23 Mei 2022 di Vietnam. Setiap negara diperbolehkan mengombinasikannya dengan pemain U-23.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) disebut menyetujui aturan baru cabor sepak bola putra tersebut. Dilansir dari Tuoitre Kamis (17/2/2022), Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) telah mengembangkan aturan turnamen tersebut. 

Tim sepak bola putra peserta SEA Games ke-31 dapat mengirim tim U-23+3 (tim U23 dan 3 pemain berusia di atas 23 tahun). Aturan itu lalu diajukan VFF ke AFC untuk dimintai masukan. 

Baru-baru ini, seorang pemimpin VFF menyebut AFC telah menyetujui usulan tim U23+3 di SEA Games ke-31. Setelah menyetujui usulan VFF, AFC disebut akan mengirimkan dokumen ke Panitia Penyelenggara SEA Games ke-31. 

Aturan ini sedikit berbeda dengan edisi sebelumnya. Pada SEA Games 2019, setiap tim hanya diizinkan membawa tim U-23 + 2 pemain senior. Timnas Indonesia membawa Evan Dimas Darmono dan Zulfiandi untuk mengisi dua slot pemain senior tersebut.

Jika aturan itu benar tentu menguntungkan bagi Indonesia. Sebab, Timnas Indonesia saat ini banyak dihuni pemain muda yang dikombinasi pemain senior.  Hal itu terlihat saat Piala AFF 2020 lalu. Skuad Indonesia mempunyai rataan usia yang paling muda saat itu. 

Tentu dengan diperbolehkan mengikutsertakan 3 pemain senior saat SEA Games 2021 membuat Shin Tae-yong bisa membawa Ricky Kambuaya, Irfan Jaya hingga Evan Dimas. Dengan itu, kekuatan Indonesia setidaknya setara dengan saat Piala AFF 2020.

SEA Games 2021 akan berlangsung di Stadion Viet Tri dan Stadion Thien Truong saat laga penyisihan grup. Sementara itu, Stadion My Dinh akan menjadi tuan rumah dari laga semifinal dan final.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network