Tambang Emas Rakyat di Gorontalo Longsor, 10 Orang Tewas dan Puluhan Penambang Hilang Tertimbun

Faradila Alim
10 penambang tewas dalam bencana longsor yang menerjang kawasan tambang rakyat Kecamatan Suawawah, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (foto: ilustrasi/dok)

BONE BOLANGO, iNewsKutai.id - Sedikitnya 10 penambang dipastikan tewas dalam bencana longsor yang menerjang kawasan tambang rakyat Kecamatan Suawawah, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Minggu (7/6/2024). 

Longsor yang terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut secara terus-menerus juga mengakibatkan puluhan penambang hilang tertimbun. Hingga saat ini, belum diketahui pasti nasib para penambang tersebut.

Informasi yang dihimpun iNews.id, sejauh ini 13 orang sudah ditemukan tim SAR gabungan. Namun, hanya tiga orang yang selama dan mengalami luka-luka.

"Korban yang hilangnya ada 20-an orang, Yang sudah ditemukan 13 orang, 10 meninggal dan tiga luka-luka," ujar Hanang warga setempat.

Petugas Basarnas saat ini tengah bekerja keras mencari korban hilang dan mengevakuasi warga untuk mengantisipasi longsor susulan. Posko bencana telah didirikan sebagai tempat evakuasi sementara untuk korban bencana longsor dan masyarakat ter dampak.

Dalam video yang beredar, kawasan pertambangan rakyat tersebut rata dengan tanah setelah tertimbun material longsor. Akses jembatan penghubung dekat tambang juga putus sehingga semakin mempersulit para penambang dan warga untuk mengevakuasi diri saat terjadinya bencana.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network