Pesawat SAM Air Jatuh di Gorontalo, Empat Penumpang dan Awak Tewas

Subhan Sabu
Pesawat SAM Air jatuh di tambak tidak jauh dari Bandara Panua, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. (foto: inews.id)

POHUWATO, iNewsKutai.id – Pesawat SAM Air jatuh di tambak tidak jauh dari Bandara Panua, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Minggu (20/10/2024). Kecelakaan pesawat ini mengakibatkan empat orang penumpang dan kru tewas.

Empat di antaranya merupakan awak pesawat yakni pilot Capt M Saefurubi A, First Officer M Arthur V G serta seorang teknisi bernama Budijanto dan satu penumpang bernama Sri Meyke Male. 

Informasi yang dihimpun iNews.id, pesawat nahas itu sebelumnya take off dari Bandara Djalaluddin pada pukul 07:03 WITA dengan perkiraan waktu tiba (ETA) pada pukul 07:33 WITA dalam kondisi cuaca berawan. 

Ketika mendekat Bandara Panua, pesawat dengan nomor registrasi PK-SMH itu melakukan prosedur pendaratan melalui runway 27 dan melakukan go arround dengan belokan ke kiri pada menit ke 07.35. 

Namun, tiba-tiba pesawat justru kehilangan ketinggian dan jatuh di tambak yang berjarak sekitar 300 meter sisi selatan runway Bandara Panua.

“Kami sangat berduka atas kecelakaan pesawat perintis PT SAM Air di Pohuwato. Doa dan simpati kami sampaikan kepada keluarga korban yang ditinggalkan,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Lukman F Laisa, Minggu (20/10/2024). 

Dia menambahkan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) serta stakeholder terkait untuk investigasi terhadap insiden ini.

“Semoga proses investigasi berjalan lancar, dan langkah-langkah pencegahan ke depan dapat diambil untuk meningkatkan keselamatan penerbangan di masa mendatang," ucapnya.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network