Didemo Mahasiswa Universitas Indonesia, Luhut Sebut Tidak Minta Presiden 3 Periode Tapi Tunda Pemilu

Iyung Rizky
Luhut Binsar Pandjaitan (dok sindo)

DEPOK, iNewsKutai.id - Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke Universitas Indonesia (UI) disambut unjuk rasa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI dan BEM Fakultas, Selasa (12/4/2022).

Mahasiswa menuntut Luhut menjelaskan klaim big data media sosial yang menginginkan adanya penundaan Pemilu 2024. Ketua BEM UI Bayu Satria meminta agar Luhut menunjukkan data tersebut dan memberikan klarifikasi terkait penundaan pemilu.

"Bapak harus klarifikasi dan kita minta bapak membuka big data penundaan pemilu, apakah bapak berani," ujar Ketua BEM UI Bayu Satria kepada Luhut.

Menyikapi tuntutan mahasiswa, Luhut kemudian meminta agar mahasiswa tidak mendengarkan wacana perpanjangan masa jabatan Pesiden dari pihak lain. Dia menyatakan tidak pernah meminta agar masa jabatan Presiden Jokowi ditambah menjadi tiga periode.

"Siapa yang bilang saya minta Presiden tiga periode. Yang pernah saya katakan, banyak di bawah itu minta pemilu ditunda, itu saja," jelasnya.

Tak puas dengan jawaban tersebut, mahasiswa kemudian mencecar Luhut soal big data yang menyebutkan masyarakat bawah meminta agar pemilu ditunda. Mahasiswa meragukan klaim tersebut dan meminta bukti dengan cara dibeberkan publik.

Namun, Luhut menolak dengan alasan memiliki hak untuk tidak membeberkan data tersebut. Luhut kemudian menasihati para mahasiswa agar belajar berdemokrasi. 

"Kamu jangan emosional, kalian dengarkan juga. Jadi saya mau bilang kita itu beda pendapat silakan," kata Luhut.
 
Namun, para mihasiswa meminta kepada Luhut agar mepertanggungjawabkan dan membeberkan bukti yang pernah disebutnya mengenai big data. "Saya sepakat Pak kita mungkin berbeda pendapat di dalam demokrasi tapi bapak pejabat publik harus mempertanggungjawabkan data itu kepada kita semua," ucap mahasiswa. 

Luhut lantas mempertanyakan kembali dasar yang mewajibkan dia membeberkan data tersebut. "Apa kewajiban saya mempertanggungjawabkan saya punya data sama kalian," ucap Luhut. 

Luhut kemudian menasihati para mahasiswa agar tidak terus memaksanya membeberkan data dimaksud. 

"Kamu anak muda tidak berhak juga menuntut saya karena saya punyak hak. Kamu nanti mau jadi besar maka saya nasihati kamu," kata Luhut. 

Pernyataan itu mengakhiri pederbatan Luhut dengan mahasiswa. "Itu saja dari saya, terima kasih," kata Luhut sembari meninggalkan mahasiswa.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network