Trump Serang Joe Biden: Sibuk Urusi Ukraina, Gagal Lindungi Anak-Anak AS dari Penembakan

Ahmad Islamy Jamil
Mantan Presiden AS Donald Trump. (foto: abc news)

WASHINGTON DC, iNewsKutai.id – Mantan Presiden AS Donald Trump menyerang lawan politiknya, Presiden Joe Biden menyusul tragedi penembakan yang menewaskan 18 murid SD di Texas.

Dia menuding pemerintah Amerika Serikat saat ini lebih banyak mengurusi negara lain-merujuk pada bantuan pada Ukraina-ketimbang menginvestasikannya untuk melindungi anak-anak dari aksi kejahatan.

Trump menyatakan, dana sebesar 40 miliar dolar seharusnya dimanfaatkan untuk memastikan anak-anak AS aman saat di sekolah maupun di rumah. 

“Jika AS punya uang 40 miliar dolar AS untuk dikirim ke Ukraina, kita seharusnya dapat melakukan apa pun untuk menjaga anak-anak kita tetap aman di rumah,” kata Trump dalam konvensi tahunan National Rifle Association (NRA) di Houston, Texas, Jumat (27/5/2022). 

Presiden Joe Biden sebelumnya memang menggelontorkan paket bantuan senilai 40 miliar dolar AS untuk Ukraina. Paket bantuan itu telah disahkan oleh Kongres AS dan ditandatangani menjadi undang-undang oleh Biden.  

Bantuan Washington DC kepada Kiev diharapkan dapat menolong Ukraina menghadapi gempuran militer Rusia. Di masa lalu, Amerika Serikat juga menghabiskan triliunan dolar saat invasi Irak dan Afghanistan secara cuma-cuma. 

Kini, kata Trump, pemerintah negeri Paman Sam harus berinvestasi untuk meningkatkan keamanan di sekolah-sekolah AS, sebelum mempertimbangkan pembangunan bangsa lain di seluruh dunia.

Pada Selasa (24/5/2022), pria bersenjata berusia 18 tahun bernama Salvador Ramos menembaki dan membunuh 21 orang di Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas. Para korban jiwa terdiri atas 19 anak-anak dan dua guru.  

Penembakan itu berlangsung selama sekitar satu jam sebelum pelaku dibunuh oleh aparat penegak hukum yang merespons peristiwa tersebut.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network