get app
inews
Aa Read Next : Lolos ke Final Piala Thomas dan Uber 2024, Indonesia Tantang China

Waspada Jika Sering Mengalami 10 Gejala Ini, Bisa Jadi Infeksi Paru-Paru

Senin, 04 Juli 2022 | 09:30 WIB
header img
Gejala sakit seperti menusuk di dada bisa jadi gejala infeksi paru. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Infeksi paru menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai. Meski gejalnya kerap tidak disadari, namun efeknya bisa sangat parah dan berujung kematian.

Infeksi paru-paru ini bisa beragam jenis mulai dari pneumonia, bronkitis, hingga bronkiolitis yang menyerang bayi. Penyebabnya bisa dari virus, bakteri, dan terkadang bahkan jamur. 

Namun yang paling umum ditemukan di masyarakat adalah pneumonia. Penularannya pun identik dengan penyakit saluran pernafasannya lainnya yakni melalui udara dengan menghirup bakteri atau virus dari orang yang terinfeksi.

Yang membuatnya berbahaya karena gejalanya cenderung seperti penyakit biasa. Umumnya mirip pilek namun dalam jangka waktu lama. Selain itu, gejalanya bervariasi antara ringan hingga berat tergantung kekebalan tubuh melawan infeksi.

Dilansir Healthline Jumat (1/7/2022), berikut ciri-ciri infeksi paru-paru:

1. Batuk Lendir Kental 

Batuk membantu membersihkan tubuh dari lendir yang dihasilkan dari peradangan saluran udara dan paru-paru. Lendir ini mungkin juga mengandung darah. Dengan bronkitis atau pneumonia, penderita mungkin mengalami batuk yang menghasilkan lendir kental yang mungkin memiliki warna berbeda. Batuk bisa bertahan selama beberapa minggu bahkan setelah gejala lain membaik. 

2. Sakit Dada Menusuk 

Sakit dada yang disebabkan infeksi paru-paru sering digambarkan sebagai nyeri tajam atau menusuk. Nyeri dada cenderung memburuk ketika batuk atau bernapas dalam-dalam. Terkadang rasa sakit yang tajam dapat dirasakan di punggung bagian tengah hingga atas.  

3. Demam  

Demam terjadi ketika tubuh penderita mencoba melawan infeksi. Suhu tubuh normal biasanya sekitar 98,6° F (37° C). Bila pasien memiliki infeksi paru-paru bakteri, demam Anda bisa naik setinggi 105° F (40,5° C) yang berbahaya. Penderita harus menemui dokter jika demam melebihi 102° F (38,9°C) atau jika berlangsung lebih dari tiga hari.  

4. Sakit badan otot dan punggung  

Anda mungkin terasa sakit begitu mengalami infeksi paru-paru. Ini disebut mialgia. Kadang-kadang Anda dapat mengembangkan peradangan pada otot-otot yang juga dapat menyebabkan nyeri tubuh ketika Anda mengalami infeksi.  

5. Hidung meler  

Ciri-ciri lainnya yaitu hidung meler dan gejala mirip flu lainnya, seperti bersin, sering menyertai infeksi paru-paru seperti bronkitis. 

6. Sesak Napas  

Sesak napas berarti penderita merasa sulit bernapas atau tidak bisa bernapas sepenuhnya. Anda harus segera menemui dokter jika mengalami kesulitan bernapas. 

7. Kelelahan  

Penderita biasanya akan merasa lesu dan lelah begitu tubuh melawan infeksi. Istirahat sangat penting selama waktu ini. 

8. Mengi  

Ketika penderita mengeluarkan napas, mungkin akan terdengar suara siulan bernada tinggi yang dikenal sebagai mengi. Inilah akibat saluran udara menyempit atau peradangan.  

9. Kebiruan  

Kebiruan pada kulit atau bibir atau kuku  mungkin mulai tampak agak biru karena kekurangan oksigen.  

10. Suara berderak 

Salah satu tanda infeksi paru-paru yaitu suara berderak di dasar paru-paru, juga dikenal sebagai bibasilar crackles. Seorang dokter bisa mendengar suara-suara ini menggunakan alat yang disebut stetoskop. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut