Logo Network
Network

Boeing 737-MAX Kembali Bermasalah, SpiceJet Mendarat Darurat di Karachi

Ahmad Islamy Jamil
.
Selasa, 05 Juli 2022 | 21:05 WIB
Boeing 737-MAX Kembali Bermasalah, SpiceJet Mendarat Darurat di Karachi
Ilustrasi pesawat Boeing 737 MAX kembali mengalami masalah dan mendarat darurat. ( foto : bbc)

KARACHI, iNewsKutai.idPesawat Boeing 737-MAX 8 kembali mengalami masalah tak lama setelah mendapatkan izin terbang. Kali ini, pesawat yang dioperasikan SpiceJet Ltd mendarat darurat di Karachi, Pakistan lantaran lampu indikator pesawat tidak berfungsi.

Beruntung, tidak ada insiden tambahan dalam pendaratan darurat tersebut. Dilansir Bloomberg, pesawat itu sedang dalam perjalanan dari New Delhi ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). 

Namun karena ada masalah pada sistem pesawat, Boeing 737-Max dialihkan ke Karachi. Sebuah pesawat pengganti dari tipe berbeda kemudian kembali menerbangkan penumpang.

Sebelumnya, pesawat Boeing jenis Max dilarang terbang di seluruh dunia pada Maret 2019 menyusul kecelakaan penerbangan di Indonesia dan Ethiopia. Semua orang, baik penumpang maupun awak pesawat, tewas di dua peristiwa itu.

Menurut hasil investigasi, adanya masalah pada sistem kontrol otomatis pesawat (MCAS) disebut sebagai faktor penyebab dalam dua tragedi itu. Hal tersebut mendorong Boeing untuk melakukan perbaikan pada perangkat lunak agar pesawat terlarisnya itu bisa disertifikasi untuk terbang lagi.

India mengambil waktu paling lambat dari sebagian besar pasar utama untuk mencabut larangannya terhadap Max. Negara Asia Selatan itu baru menyetujui pengembalian pesawat-pesawat Max pada Agustus tahun lalu. Itu terjadi setelah Boeing memenuhi persyaratan regulator lokal, termasuk menyiapkan simulator di India.

AS menjadi salah satu negara pertama yang mengizinkan Max untuk melanjutkan penerbangan komersialnya pada akhir 2020. Namun, pesawat itu masih belum diizinkan untuk kembali pada layanan penuhnya di China.

Pada Desember, sebuah pesawat Max milik SpiceJet terpaksa kembali ke Mumbai tak lama setelah lepas landas karena masalah teknis yang melibatkan lampu filter olinya. Hal itu memaksa awak pesawat untuk mematikan mesin. Pesawat mendarat dengan selamat dan tidak ada yang terluka dalam insiden itu.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.