get app
inews
Aa Read Next : Kuota Haji Indonesia 2024 hanya 221.000 Jamaah, Kemenag Upayakan Tambahan

1 Juta Jamaah Haji Bergerak ke Mina Jelang Wukuf di Arafah

Kamis, 07 Juli 2022 | 08:47 WIB
header img
Ilustrasi jamaah haji. (Foto: iNews.id/Reuters).

MAKKAH, iNewsKutai.id - Jutaan jamaah calon haji dari seluruh dunia bergerak menuju Mina untuk memulai prosesi haji dengan melakukan tarwiyah sejak Rabu (6/7/2022). Tarwiyah adalah berdiam di Mina sebelum menuju Arafah untuk melaksanakan wukuf pada Jumat (8/7/2022) atau bertepatan dengan 9 Dzulhijjah.

Para jemaah berbondong-bondong mendatangi Masjidil Haram untuk melakukan Tawaf Qudum (kedatang) sebelum menuju Mina pada malam hingga Kamis pagi, menandai dimulainya prosesi haji. Mereka akan menghabiskan siang dan malam di tenda-tenda yang disediakan di Mina.  

Tidak ada ritual besar di Mina di mana para jemaah menghabiskan waktu dengan berzikir hingga Kamis sore.  Mina berjarak 7 km dari Masjidil Haram dan dalam kondisi normal biasa menampung sedikitnya 2,5 juta jemaah dari seluruh dunia. 

Sekadar diketahui, tahun ini Arab Saudi membuka kuota untuk 1 juta jamaah dengan perincian 850.000 dari luar dan 150.000 dari dalam negeri. Ini merupakan pelaksanaan haji pertama yang melibatkan jamaah dari luar Saudi dalam 2 tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. 

Sementara itu, Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, diwakili Badan Bimbingan dan Konseling, mengumumkan tiga area bagi para jemaah yang melakukan tawaf. Area-area tersebut adalah Gerbang Raja Fahd, Gerbang Ajyad, dan Gerbang Al Salam. 

Ada lebih dari 100 mutawwif atau pemandu haji yang bersiaga, termasuk memberikan pelayanan melayani jemaah seperti menemani atau memandu tawaf.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut