get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023: Menanti Pembuktian Shin Tae-yong

Timnas Indonesia Gugur di Piala AFF U-19, Pelatih Malaysia Salahkan Shin Tae-yong

Rabu, 13 Juli 2022 | 11:27 WIB
header img
Pelatih Malaysia menyalahkan Shin Tae-yong menyusul kegagalan Indonesia ke semifinal Piala AFF U-19. (Foto: Ilham Sigit/MPI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pelatih Malaysia Hassan Sazali menyatakan jika kegagalan timnas Indonesia U-19 melaju ke semifinal Piala AFF U-19 sepenuhnya kesalahan Shin Tae-yong. Dia menuding pelatih asal Korea Selatan itu tidak memahami regulasi head to head.

Seperti diberitakan sebelumnya, mimpi timnas U-19 kembali juara Piala AFF sirna setelah gugur pada babak penyisihan Grup. Meski menjadi tim tersubur di Grup A, skuad Garuda Muda tersingkir karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand.

Kedua tim tersebut bermain imbang 1-1 pada laga pamungkas sehingga mencatatkan head to head lebih baik ketimbang Indonesia yang berakhir tanpa gol. Regulasi ini menuai kecaman karena dinilai tidak fair. Shin Tae-yong juga menuding Thailand dan Vietnam tidak menjunjung fair play pada laga terakhir.

Namun, Hasan Sazali mengaku heran dengan sikap Shin Tae-yong yang menyalahkan aturan head to head. Menurutnya, Indonesia seharusnya sejak awal paham soal regulasi head-to-head yang diterapkan AFF untuk Piala AFF U-19 2022. 

''Sebelum turnamen ini pihak AFF memberitahukan regulasi (head to head) yang ada. Jadi semua tim sudah paham hal ini," kata Hassan Sazali kepada media termasuk MNC Portal Indonesia. 

Dia menganggap hasil imbang 1-1 antara Timnas Thailand U-19 vs Vietnam U-19 tidak ada unsur kecurangan. Hasil membuat Garuda Muda tersingkir meski memiliki selisih gol lebih baik daripada Thailand dan Vietnam. Timnas Indonesia U-19 dan kedua rivalnya sama-sama memiliki poin 11. 

"Saya tidak melihat (Thailand dan Vietnam) melakukan kecurangan. Saya tidak melihat mereka seperti mengatur skor. Saya percaya tiga tim di Grup A mencoba menerapkan strategi mereka masing-masing. Indonesia, Thailand, dan Vietnam adalah tiga tim favorit untuk lolos di Grup A. Itu menurut saya," ujar Hassan Sazali. 

Sesuai jadwal, timnas Malaysia U-19 akan menghadapi Vietnam U-19 di semifinal Piala AFF U-19 2022 pada babak semifinal di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/7/2022) hari ini.
 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut