get app
inews
Aa Read Next : Erick Thohir Tolak Indra Sjafri Latih Timnas Indonesia di Piala AFF: Fokus Target Masing-masing

Timnas Indonesia U-19 Juara Piala AFF U-19, Jens Raven Cetak Gol Kemenangan

Senin, 29 Juli 2024 | 22:08 WIB
header img
Timnas Indonesia juara Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Thailand pada final di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (29/7/2024) malam. (foto: pssi)

SURABAYA, iNewsKutai.id - Timnas Indonesia juara Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Thailand pada partai final di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (29/7/2024) malam.

Skuad Garuda Nusantara menang dengan skor 1-0. Satu gol dari Jens Raven sudah cukup untuk bagi timnas Indonesia untuk mengulang sejarah yang sebelumnya diukir Evan Dimas dkk.

Kala itu, Indonesia menang secara dramatis atas Vietnam pada Piala AFF U-19 pada 2013 silam. Skuad Garuda Nusantara meraih gelar juara lewat drama adu penalti.

Gelar Piala AFF U-19 ini menjadi modal positif skuad Garuda Nusantara menghadapi kualifikasi Piala Asia U-20 2025 yang berlangsung pada 25-29 September 2024.

Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama dengan Yaman, Timor Leste, dan Maladewa.

Jalannya Pertandingan

Indonesia tampil percaya diri sejak menit awal pertandingan. Skuad Garuda Nusantara mengambil inisiatif menyerang dengan mengandalan umpan-umpan pendek.

Peluang emas akhirnya tercipta pada menit 13. Lewat skema serangan balik cepat, bola dikirim ke Jens Raven di depan kotak penalti dan diteruskan ke Arlyansah Abdulrahman. 

Sayang sepakan Arly diblok bek Thailand. Setelah itu, giliran Thailand mengancam lewat tendangan Thanawut Pochai yang masih membentur tiang gawang.

Jens Raven akhirnya memecah kebuntuan setelah mencetak gol dengan memanfaatkan umpan sundulan Kadek Arel dari umpan Kafiatur. 

Tertinggal satu gol, Thailand meningkatkan intensitas serangan dan membahayakan gawang Indonesia. Pada menit 37, Indonesia kembali diselamatkan tiang gawang. 

Tendangan bebas melengkung Piyawat Petra membentur tiang. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Thailand mendominasi dengan bola-bola pendeknya. The War Elephants bermain sabar dan mencari celah di pertahanan Indonesia. 

Petaka menghampiri Indonesia di menit ke-52 setelah Welber Jardim cedera dan harus digantikan Figo Dennis. Kehilangan Welber meninggalkan lubang di lini tengah Garuda Nusantara. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut