Gilas Vietnam 3-2, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Reynaldi Hermawan
.
Minggu, 18 September 2022 | 22:11 WIB
Timnas Indonesia U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 usai mengalahkan Vietnam 3-2. (foto: pssi)

SURABAYA, iNewsKutai.id - Tim nasional Indonesia memastikan tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023 usai menggilas Vietnam dengan skor 3-2 pada laga pamungkas Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

Hasil ini membuat Marselino Ferdinan dkk menyapu bersih tiga laga kualifikasi dan keluar sebagai juara grup dengan koleksi 9 poin. Sebelumnya, timnas Indonesia menang atas Timor Leste dan Hong Kong.

Kemenangan ini juga seolah menjadi pembalasan sempurna atas Vietnam yang pada Piala AFF U-19 lalu, diduga bermain mata dengan Thailand pada fase grup. Saat itu, Indonesia gagal lolos meski menjadi tim paling produktif karena kalah head to head.

Sementara bagi Vietnam, kekalahan ini membuat mereka berharap keberuntungan dari jalur runner up terbaik untuk lolos ke putaran final. Vietnam masih berada di urutan teratas tim peringkat dua terbaik dengan 6 poin.

Jalannya Pertandingan 

Indonesia langsung tampil agresif sejak babak pertama. Peluang pertama sudah tercipta kala pertandingan bergulir empat menit. Berawal dari umpan dari sayap kanan lapangan. 

Bola disambar Ronaldo Kwateh dengan sepakan, namun bisa dihalau. Bola muntah jatuh di kaki Hokky Caraka. Namun sang striker bernomor punggung 9 itu juga gagal memaksimalkan peluang menjadi gol. 

Vietnam bermain keras di laga kali ini. Mereka kerap melakukan pelanggaran untuk menghentikan pergerakan Ronaldo dan kawan-kawan. Tim tamu punya peluang menit ke-21. Nguyen Quoc Viet melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Untungnya hanya melambung dari gawang Indonesia. 

Garuda Nusantara balik mengancam enam menit kemudian. Hokky yang menjadi aktor melalui sundulannya. Tapi masih melenceng dari gawang Vietnam. Menit ke-35 Arkhan Fikri memberikan umpan matang. Sayangnya Frengky Missa gagal mengontrol bola dengan baik. Peluang gagal dimaksimalkan. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong memainkan Marselino Ferdinan di babak kedua. Gelandang Persebaya Surabaya itu diharapkan bisa menambah daya gedor Indonesia. Taktik juru taktik Korea Selatan itu membuahkan hasil manis. 

Marselino mencetak gol pada menit ke-60 melalui tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Sayangnya euforia Indonesia tak berlangsung lama. Vietnam bisa menyamakan kedudukan lima menit kemudian akibat gol bunuh diri Muhammad Ferrari.

Vietnam bahkan bisa berbalik unggul menit ke-79. Dinh Xuan Tien yang mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan serangan balik cepat. Untungnya Indonesia cepat merespons. 

Ferrrari mencetak gol penyeimbang tiga menit berselang lewat sundulannya memanfaatkan sepak pojok.  Tak lama kemudian Indonesia comeback tepatnya menit ke-82. Akselerasi Alfriyanto Nico menusuk dari sayap lapangan diakhiri dengan assist untuk Rabbani Tasnim. Keunggulan bertahan hingga bubaran. 

Editor : Abriandi
Bagikan Artikel Ini