get app
inews
Aa Read Next : Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami tanpa Obat-obatan  

Minum Teh Campur Ketumbar Ampuh Lawan Kolesterol Tinggi, Ini Alasannya

Kamis, 14 Juli 2022 | 15:27 WIB
header img
Teh dan ketumbar ampuh menurukan kadar kolesterol tinggi dalam darah. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Siapa sangka, campuran ketumbar pada ternyata ampuh melawan kolesterol tinggi, penyakit yang selama ini memicu gangguan kesehatan serius seperti stroke dan serangan jantung.

Kedua bahan yang mudah ditemukan di dapur tersebut cukup dicampur dan diminum layaknya mengonsumsi teh pada pagi atau sore hari. Hal ini tidak lepas dari kandungan ketumbar yang secara alami rendah sodium dan rendah lemak jenuh. 
Ketumbar kaya akan sumber vitamin C, serat makanan, zat besi, dan kalsium yang baik. Dilansir dari Healthy Ojas, ketumbar meningkatkan aktivitas enzim HMG-CoA reduktase, bahkan mampu meningkatkan kadar asam empedu total dan sterol netral yang dikeluarkan melalui feses. 

Sifat lainnya adalah efek hipolipidemik, sehingga menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Karena efek tersebut, ketumbar punya pengaruh yang signifikan pada metabolisme lipid, penurunan trigliserida dan kolesterol jahat. Kabar baiknya, ketumbar juga terbukti meningkatkan kolesterol baik. 

Disarankan dengan mencampurkan ketumbar ke dalam teh. Cukup satu sendok teh ketumbar untuk setiap cangkir teh. Caranya, rendam ketumbar dalam teh dan minum airnya. Agar ada sedikit rasa manis, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu.

Namun, kebutuhan ketumbar setiap orang akan berbeda. Karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk hasil yang lebih baik. Sementara itu, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. 

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. 

Namun jangan lupa, diet sehat, dan olahraga teratur harus tetap dijalankan agar campuran teh serta ketumbar benar-benar dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut