get app
inews
Aa Read Next : Jeruk dan 4 Buah Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Cocok Jadi Menu Diet Harian

Tips Konsumsi Daging Merah bagi Penderita Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Wajib Diperhatikan

Senin, 18 Juli 2022 | 08:45 WIB
header img
Ilustrasi daging merah bisa dikonsumsi penderita kolesterol. (Foto: Istimewa/okezone)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Penderita kolesterol biasanya akan menghindari mengonsumsi daging merah karena tidak memang disarankan. Lantas apakah betul penderita kolesterol tidak boleh menjadikan daging sapi ada dalam menu dietnya?.

Sejatinya, daging merah sangat sehat bagi tubuh. Termasuk bagi penderita penyakit kolesterol. Hanya saja, ada batasan yang tidak boleh dilanggar yakni mengontrol pola konsumsi daging merah.

Hal ini untuk menjaga agar kadar kolesterol jahat dalam darah tidak meningkat. Dikutip dari laman Primaya Hospital, terdapat sejumlah tips untuk penderita kolesterol jika ingin mengonsumsi daging sapi, antara lain: 

1. Bagi penderita kolesterol dianjurkan tidak makan daging berlebihan. Angka aman yang direkomendasikan adalah 1-3 kali makan daging per pekan dengan berat 56-85 gram per porsi. 

2. Pilih bagian tidak berlemak, misalnya bagian pinggang. Hindari organ dalam seperti hati dan usus, begitu juga daging yang telah melewati pemrosesan seperti sosis dan ham. 

3. Jangan lupa sayur dan buah untuk mengimbangi kolesterol dari daging sapi yang sudah dimakan. Pastikan ada sayuran dan buah dalam seporsi makanan bersama daging. 

4. Sebaiknya masak daging sapi dengan cara dipanggang atau direbus. Ini lebih aman buat penderita kolesterol tinggi. Bila memasak dengan kuah, hindari santan dan garam berlebih. 

5. Terakhir, perlu diimbangi dengan olahraga teratur jika mau lebih aman tetap makan daging sapi. 

"Jadi justru yang perlu dijaga adalah agar kolesterol tidak meningkat saat lebaran Idul Adha, misalnya dengan memilih daging yang tidak berlemak, tidak mengonsumsi jeroan dan tidak terlalu banyak mengambil kuah santan/gulai pada hidangan," terang ahli gizi Primaya Hospital Tangerang, dr Yohan Samudra saat dihubungi, Sabtu (9/7/2022). 

Sehubungan dengan itu, Harvard School of Public Health merekomendasikan untuk menghindari daging merah atau hanya memilih potongan paling ramping. Sebab, daging merah terkenal tinggi akan lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan berkontribusi terhadap penyakit jantung. 

Sementara untuk kandungan kalori dan lemak, seperti dilansir Livestrong, porsi daging kambing 3 ons memiliki 122 kalori, yang jauh lebih sedikit daripada daging sapi 179 dan ayam 162. 

Dalam hal lemak, kambing juga lebih ramping daripada daging lain. Di mana daging kambing mengandung 2,6 gram lemak total per porsi 3 ons, sama dengan sekitar sepertiga dari 7,9 gram daging sapi dan kira-kira setengah dari 6,3 gram ayam.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut