Logo Network
Network

Konsumsi Kacang Mete Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Lutfan Faizi
.
Sabtu, 30 Juli 2022 | 09:25 WIB
Konsumsi Kacang Mete Ternyata Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah
Khasiat kacang mete menurunkan kolesterol jahat. (foto: depositphotos)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Bagi penderita penyakit kolesterol, makan kacang mete merupakan salah satu pantangan. Hal ini tidak lepas dari anggapan akan kandungan lemak tinggi dari buah berkulit keras tersebut.

Lalu benarkah kacang mete bisa memicu kolesterol tinggi? Dilansir dari Healthy Eating, sebagian orang memang menganggap kacang mete mengandung kolesterol tinggi. Kandungan lemak jenuh di dalam buah menjadi salah satu alasannya.

Namun, ternyata lemak penyebab kolesterol itu jumlahnya sangat kecil dibanding kandungan lemak tak jenuh. Dari hasil penelitian, 2 ons kacang mete memasok 2 gram lemak jenuh dan 16 gram asam lemak tak jenuh.

Fakta ini membantah anggapan kacang mete yang bisa meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Sebaliknya, kacang mete bisa menurunkan kadang Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dalam darah penyebab stroke dan serangan jantung.

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, sekelompok peneliti pernah menyelidiki efek konsumsi kacang mete terhadap kadar kolesterol baik (HDL) dan tekanan darah. Hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Nutrition edisi Januari 2018. 

Selama percobaan selama 12 minggu, mengkonsumsi kacang mete terbukti meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah. Hal ini membuktikan bahwa kacang mete bisa masuk dalam jenis makanan penurun kolesterol.

Lebih lanjut, kacang mete memiliki mikronutrien seperti potasium, Vitamin E, B6, dan asam folat yang menawarkan perlindungan tubuh dari bahaya penyakit jantung. Namun, meskipun lemak baik pada kacang mete bisa menurunkan kolesterol, anda perlu mengkonsumsinya dengan bijak atau takaran yang wajar. 

Menurut AHA, ketika seseorang mengambil lebih banyak kalori daripada kadar yang dibutuhkan, kondisi ini akan membuat tubuh mengubah kelebihan energi menjadi trigliserida. Jadi, jika anda mengonsumsi kacang mete melebihi porsi yang disarankan, bukannya membaik, namun hal tersebut akan menghilangkan efek penurun kolesterol dalam kacang mete. 

Maka dari itu, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari kacang mete, penggunanya perlu memperhatikan takaran porsinya. Semisal seperti yang dicantumkan USDA sekitar satu ons (sekitar 18 kacang).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.