get app
inews
Aa Read Next : Sektor Pariwisata Mulai Pulih, Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Kaltim Melonjak

Negara Paling Sulit dan Berbahaya Dikunjungi Wisatawan, Nomor 5 Paling Misterius

Senin, 01 Agustus 2022 | 07:37 WIB
header img
Ilustrasi negara paling sulit dan berbahaya dikunjungi wisatawan. (Foto: Pen News)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ada sejumlah negara yang sulit dan berbahaya dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia. Meski menarik minat traveller untuk berkunjung, namun negara-negara ini terkesan tertutup dari dunia luar.

Persyaratan untuk berkunjung ke negara-negara tersebut sangat ketat sehingga tidak semua traveller yang mengajukan permohonan berkunjung, bisa diterima. Bahkan, yang diizinkan berkunjung pun tidak dibebaskan bepergian.

Negara-negara ini sangat memprioritaskan keamanan dan stabilitas politik. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut negara paling sulit dan berbahaya dikunjungi. 

1. Turkmenistan 

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara di Asia Tengah ini bisa dihitung jari. Hal ini dikarenakan kebijakan visa yang diterapkan pemerintah Turkmenistan sangat ketat. 

Hanya orang-orang dari Kazakhstan, Uzbekistan, dan mereka yang memiliki paspor diplomatik yang dapat mengunjungi Turkmenistan tanpa banyak kesulitan. Bagi wisatawan umum yang ingin berkunjung, wajib memiliki sponsor di Turkmenistan yang bisa menyediakan LOI (surat undangan) dan proses izin dokumen bisa 20 hari lamanya.

2. Afghanistan 

Situasi politik di Afghanistan baru-baru ini semakin mempersulit warga asing untuk masuk ke negara itu.  Bahkan banyak pemerintah dari berbagai negara yang yang menyarankan untuk tidak bepergian ke Afghanistan karena negara itu belum aman bagi pengunjung.

Karena itu, pihak kedutaan enggan memberikan visa demi keselamatan wisatawannya. Kamu bisa dibebaskan dari pengajuan visa apabila memiliki paspor diplomatik yang dikeluarkan oleh negara-negara seperti Cina, India, Indonesia, Iran, Tajikistan, dan Turki. 

3. Iran

Iran menjadi salah satu negara paling ketat dalam menerbitkan visa kunjungan. Visa Guide menyebut, permohonan visa masuk ke negara ini memerlukan kode otorisasi resmi yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri di Iran.  

Selain itu, kode tersebut berlaku pula untuk penyedia agen perjalanan resmi Iran. Negara yang juga berbatasan dengan Turkmenistan ini juga tidak mengizinkan pendatang luar negeri apabila pernah masuk ke Israel dalam kurun waktu 6 bulan terakhir sebelum masuk ke Iran. 

4. Somalia 

Somalia merupakan negara yang berada di Afrika Utara. Negara ini termasuk dalam negara paling sulit dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan bukan hanya sulit, namun juga sangat dilarang.  

Indeks Perdamaian Global telah menempatkan Somalia di posisi keenam sebagai salah satu tempat paling tidak aman untuk dikunjungi di dunia karena kerusuhan politik. Karena itu, kedutaan tidak mengeluarkan visa pengunjung dengan mudah.

5. Korea Utara 

Sejauh ini, Korea Utara merupakan negara paling sulit dikunjungi oleh wisatawan. Untuk bisa masuk ke negara ini, kamu harus mengajukan visa ke agen wisata yang telah disetujui pemerintah Korea Utara. 

Kemudian, jika sudah mendapatkan akses masuk ke negara ini, turis harus mematuhi peraturan berlaku yang sangat ketat karena tidak dapat sembarangan menjelajah negara itu. 

Selama melakukan tur di negara ini, turis akan selalu dipandu dan tidak diizinkan untuk berbicara dengan penduduk setempat. Itulah deretan negara yang paling sulit dikunjungi oleh wisatawan.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut