get app
inews
Aa Read Next : Puting Beliung Terjang Samboja, Puluhan Rumah Warga dan Tempat Ibadah Rusak

Super Garuda Shield 2022, TNI AD dan US Army Latihan Tempur di Samboja

Kamis, 04 Agustus 2022 | 07:37 WIB
header img
TNI AD dan US Army menggelar latihan tempur di Amborawang, Samboja. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Kodam VI/Mulawarman kembali mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) dengan US Army, Super Garuda Shield 2022.

Latma yang digelar dua tahun berturut-turut ini digelar Pusat Latihan Tempur Amborawang, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Upacara Pembukaan Latma Super Garuda Shield 2022 berlangsung di Markas Yonif Raider 600/Modang, Rabu (3/8/2022).

Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan menjelaskan Latma Super Garuda Shield 2022 berlangsung dari 1 hingga 14 Agustus 2022 dan dilaksanakan di 4 titik latihan di seluruh Indonesia.

Selain di Amborawang, latihan bersama juga digelar di Puslatpur Kodiklad Baturaja (Sumsel), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dan di Dabo Singkep Kepulauan Riau dengan melibatkan 13 negara. 

Namun, untuk Latma di Amborawang hanya melibatkan TNI-AD dan US Army. Untuk latihan ini, Kodam Mulawarman menerjunkan 306 personel Yonif 623/BWU dan dari US Army 173 personel.

Materi Latma Super Garuda Shield adalah Ops Serangan (Field Trainning Exercise FTX) dan Latihan Menembak Senjata Bantuan (Life Fire Exercise).

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor menyambut baik Super Garuda Shield 2022. Menurut dia, latihan ini sangat penting mengingat Kaltim akan menjadi ibu kota negara sehingga aspek pengamanan harus disiapkan. 

"Kaltim akan menjadi IKN sehingga TNI harus menyiapkan skill, peralatan, teknologi, taktik dan segala macamnya," kata Gubernur Isran Noor usai upacara pembukaan.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut