get app
inews
Aa
Read Next : Hacker Diduga Retas Situs KPU, Data 204 Juta Pemilih Dijual Rp1,2 Miliar di Internet

Terungkap, Ini Cara Militer Ukraina Temukan Lokasi Pasukan Rusia

Rabu, 07 September 2022 | 17:13 WIB
header img
Ilustrasi hacker Ukraina menyamar menjadi wanita untuk mendapatkan lokasi pasukan Rusia. (Foto: MNC Media)

KIEV, iNewsKutai.id - Cara militer Ukraina menemukan lokasi pasukan Rusia akhirnya terungkap. Hal tersebut tidak lepas dari kerja keras sekelompok hacker yang diberi nama Hackyourmom.

Hacker Ukraina itu memanfaatkan kondisi psikologis pasukan Rusia yang jauh dari keluarga. Mereka menyamar menjadi wanita dan menggoda militer Kremlin agar membagikan foto serta lokasi mereka.

Bodohnya, tentara Rusia masuk perangkap para hacker dan mengirimkan foto bahkan disertai geolokasi. Akibatnya, tidak sedikit posisi pasukan Beruang Merah yang berhasil diketahui militer Ukraina dan dijadikan sasaran serangan rudal.

"Prajurit Rusia, mereka selalu ingin bercinta," kata Nikita Knysh, seorang pekerja teknologi dari Kharkiv, kepada Financial Times yang dikutip Washington Examiner, Rabu (7/9/2022). 

"Mereka mengirim banyak kotoran ke 'perempuan', untuk membuktikan bahwa mereka adalah pejuang," imbuhnya. 

Knysh menyatukan tim peretas, dijuluki Hackyourmom, yang terdiri dari sekitar 30 peretas dari seluruh negara yang dilanda perang. Menurut Knysh, Hackyourmom telah terlibat dalam beberapa kampanye dalih dunia maya melawan Rusia sejauh ini. 

"Bagi saya, ini terasa seperti pertempuran," lanjut Knysh. 

"Tanpa uang, tanpa perangkat lunak yang brilian, dan bahkan tanpa peretasan yang brilian — Anda dapat menggunakan penipu, web gelap untuk melawan musuh Anda," tuturnya. 

Pada bulan Agustus, Hackyourmom terlibat dalam kampanye subversi media sosial terhadap tentara Rusia yang ditempatkan di Melitopol. "Mereka berpose sebagai wanita di berbagai platform media sosial seperti Telegram untuk membujuk tentara Rusia agar memberi mereka foto dari garis depan," ujar Knysh. 

Setelah tentara Rusia menyerah, Hackyourmom mengirim lokasi yang diambil dari foto dan mengirimkan informasi intelijen itu ke militer Ukraina. "Beberapa hari kemudian, pasukan Ukraina menyerang pangkalan itu," kata Knysh kepada outlet tersebut. 

Militer Ukraina belum secara terbuka memverifikasi apakah informasi intelijen Hackyourmom menyebabkan serangan terhadap pangkalan Rusia di Melitopol, tetapi ada laporan tentang ledakan di pangkalan Rusia di daerah tersebut.

Selain kampanye media sosial, dikatakan oleh Knysh, Hackyourmom juga mengklaim bertanggung jawab atas pembocoran database kontraktor militer Rusia dan mempermainkan stasiun TV Rusia agar mereka menampilkan informasi yang tidak menguntungkan tentang perang, mengeluarkan ancaman bom palsu untuk rencana Rusia, dan banyak lagi. 

Hackyourmom bisa mendapatkan akses internet dari Starlink Elon Musk untuk melakukan serangan cyber. "Pikiran pertama saya adalah - saya efektif, saya dapat membantu negara saya," kata anggota Hackyourmom lainnya, bernama Maxim, kepada outlet tersebut. 

"Kemudian, saya menyadari, saya menginginkan lebih dari ini - saya ingin menemukan lebih banyak pangkalan, lagi dan lagi," akunya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut