Jeruk dan 4 Buah Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi, Cocok Jadi Menu Diet Harian

Muhammad Sukardi
.
Kamis, 08 September 2022 | 06:05 WIB
Buah-buahan penurun kolesterol tinggi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kadar kolesterol tinggi dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi buah-buahan. Salah satunya adalah jeruk yang sudah terbukti khasiatnya menormalkan kadar kolesterol.

Hal ini dikarenakan kandungan pektin yang tinggi yang dipercaya ampuh menurunkan kolesterol dalam darah. Selain jeruk, ada beberapa buah lain yang juga masuk dalam daftar penurun kolesterol. Dengan mengonsumsi buah-buah ini, diharapkan kadar kolesterol bisa kembali normal. 

Tapi Anda harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 
Ini bertujuan untuk meminimalisir reaksi yang tidak diinginkan. Pada dasarnya, kolesterol tinggi dapat diturunkan. Tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. 

Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Berikut daftar buah penurun kolesterol tinggi yang terbukti ampuh dan cepat seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/9/2022). 

1. Pir 

Buah yang kaya akan kandungan air ini terbukti bisa menurunkan kolesterol tinggi. Di buah pir terkandung bahan alami bernama pektin yang mana itu dapat menurunkan kolesterol tinggi. 

2. Apel 

Buah lainnya yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah apel. Sama seperti pir, apel juga kaya akan pektin yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

3. Anggur 

Buah lain yang kaya akan pektin adalah anggur. Itu kenapa, penderita kolesterol tinggi diperbolehkan konsumsi buah anggur, tapi tentu kadarnya akan brbeda antara satu orang dengan orang lain. 

4. Strawberry 

Buah asam berwarna merah ini juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol tinggi. Sama dengan tiga buah sebelumnya, strawberry juga tinggi pektin di dalamnya. 

Editor : Abriandi
Bagikan Artikel Ini