Mau Budidaya Tanaman Anggur? Ini Varietas yang Cocok Ditanam di Indonesia

Novie Fauziah
.
Kamis, 15 September 2022 | 07:38 WIB
Ilustrasi varietas anggur yang cocok ditanam di Indonesia. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Budidaya tanaman anggur menjadi salah satu potensi bisnis yang menjanjikan keuntungan. Untuk itu, perlu diketahui jenis atau varietas anggur yang cocok ditanam untuk iklim Indonesia.

Tanaman anggur memang memiliki nilai ekonomis tinggi. Harga buahnya cenderung stabil dan tidak pernah mengalami penurunan harga. Penggemarnya pun sangat banyak dan hampir pasti menjadi buruan.

Buah anggur sendiri selama ini banyak dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan salad, topping makanan dan jus. Penambahan buah yang mayoritas diimpor ini diyakini meningkatkan harga jual untuk produk komersil. 

Namun, untuk budidaya perlu perhatian khusus karena tidak semua varietas cocok ditanam di Indonesia yang beriklim tropis. Pembudidaya Perkebunan Anggur, Adhitya Ramadhan Putra mengatakan jika mayoritas bibit anggur yang ditanam di Indonesia merupakan produk impor.

Namun, bibit impor tersebut sudah dikawin silang dengan anggur lokal agar mampu beradaptasi dengan iklim Indonesia.

"Bibit impor masih menjadi pilihan utama karena karena hasil pembuahan dari bibit impor hingga saat ini yang cukup baik," jelas Adhitya dalam podcast Aksi Nyata bertajuk Kiat Sukses Budidaya Anggur di Perkotaan, di channel YouTube Partai Perindo, Rabu (14/09/2022).

Sementara untuk varietas lokal dikenal memiliki batang lebih kuat dan cocok untuk cuaca di Indonesia. Kemudian untuk jenis anggurnya, kata Adhitya, ada banyak varian. Namun yang banyak ditemukan di Indonesia dan dirinya tanam di antaranya  varian trans, jupiter, akademik hingga dikson. 

"Jenis anggur itu banyak. Tapi ada beberapa varian yang gampang kita tanam di sini, ada varian trans, jupiter, akademik, dikson," katanya.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Mengenal Jenis Anggur yang Cocok Ditanam di Indonesia)

Editor : Abriandi
Bagikan Artikel Ini