get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Panjang Umur Warga Jepang, Nomor 6 Sesuai Anjuran Rasulullah

Menakjubkan, Warga Tertua di Jepang Berusia 115 Tahun

Sabtu, 17 September 2022 | 07:11 WIB
header img
Ilustrasi lansia Jepang. (Foto: Istimewa/doc. okezone)

TOKYO, iNewsKutai.id -  Fusa Tatsumi mencatatkan diri sebagai warga tertua di Jepang. Perempuan yang berasal dari Prefektur Osaka itu sudah menginjak usia 115 tahun.

Kementerian Kesehatan Jepang menyatakan, Fusa Tatsumi sejauh ini tercatat sebagai warga sekaligus perempuan tertua di Jepang. Sementara untuk rekor usia tertua pria dipegang oleh Shigeru Nakamura berusia 111 tahun dari prefektur Hiroshima.

Mereka bergabung dengan 90.526 warga Jepang yang berusia lebih dari 100 tahun. Jumlah ini meningkat sebanyak 4.000 jiwa dibanding 2021 lalu.

"Tambahan 4.000 lansia yang berusia lebih dari 100 tahun merupakan yang tertinggi dalam 52 tahun terakhir. Total jumlah lansia berusia lebih dari satu abad mencapai 90.526  orang," ungkap Kementerian Kesehatan Jepang jelang hari libur nasional Menghormati Hari Lanjut Usia dilansir dari Sputnik, Jumat (16/9/2022). 

Jepang telah memperbarui catatan untuk indikator ini selama 52 tahun, mulai dari 310 orang pada tahun 1970. "Ini untuk pertama kalinya melampaui angka 90.000," kata kementerian itu. 

Kementerian Kesehatan Jepang menambahkan bahwa lebih dari 80.000 orang yang berusia seratus tahun adalah perempuan, atau lebih dari 88% dari jumlah total Sedangkan jumlah pria sedikit di atas 10 ribu. 

Hari Penghormatan untuk Lansia di Jepang diadakan setiap hari Senin ketiga bulan September. Hari libur nasional ini dimaksudkan untuk menghormati semua warga negara lanjut usia atas banyaknya kontribusi mereka kepada keluarga dan masyarakat sepanjang umur mereka.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Jepang Catat Rekor Jumlah Orang Berusia Lebih dari 100 Tahun)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut