get app
inews
Aa Read Next : Dikuntit Polisi, Pengetap BBM di Bontang Tertangkap Basah Kuras Pertalite dari Tangki Mobil

Pakai Pertamax Lebih Irit Dibanding Pertalite, Begini Penjelasan Teknisnya

Minggu, 25 September 2022 | 15:20 WIB
header img
Pemakaian Pertamax lebih irit dibandingkan menggunakan Pertalite. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pemakaian Pertamax pada kendaraan ternyata lebih irit dibanding Pertalite. Hal itu dikarenakan perbedaan kandungan oktan dalam jenis bahan bakar minyak (BBM) yang mempengaruhi kinerja mesin.

Pengamat otomotif dan akademisi dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu, menjelaskan, mesin kompresi tinggi menuntut bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi pula. Hal ini akan meningkatkan performa dan penghematan BBM.

Dia menjelaskan, Pertalite merupakan BBM Research Octane Number (RON) 90 atau biasa disebut oktan 90 memiliki standar internasional kimiawi yang seragam di seluruh dunia. RON merupakan ikatan kimia pada fluida bahan bakar yang menentukan tingkatan kekuatan BBM menerima kompresi di dalam mesin motor bakar.

"Di samping secara instan akan membuat kendaraan kita bahkan jauh lebih boros. Karena, BBM-nya belum sampai ke bagian atas pistonnya, sebelum terpercik api dari busi, sudah terbakar sebelum waktunya. Akibat lainnya, mesin akan cepat mengalami overheating," kata Yannes kepada awak media, Sabtu (24/9/2022).

Dia menambahkan, Pertamax dengan oktan yang lebih tinggi ideal untuk mesin-mesin kendaraan modern yang berkompresi antara 9:1 sampai 11:1. Sebab, ini akan mengoptimalkan efisiensi BBM-nya dan kinerja mesinnya. Makin tinggi kompresi ruang bakar, makin sempurna pembakaran yang dihasilkan.

Dosen dari Kelompok Keahlian Konversi Energi ITB, Tri Yuswidjajanto Zaenuri mengatakan, PT Pertamina (Persero) harus mengecek penyaluran Pertalite di lapangan. Pengecekan sampai pemeriksaan itu penting dilakukan seiring maraknya isu bahwa Pertalite lebih boros ketimbang Pertamax. 

“Kalau memang kenyataannya terjadi distorsi kualitas, akui saja dan dicari masalahnya datang dari mana supaya tidak terulang lagi,” kata Tri.

Dia mencontohkan, beberapa kasus yang terjadi sebelumnya, seperti pada 2010. Kala itu, terjadi distorsi kualitas bahan pompa bahan bakar kendaraan dari produsen yang merugikan konsumen. Lalu ada kasus BBM solar di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Jadi lubricity BBM turun sehingga banyak pompa bahan bakar yang rusak,” ujar Tri.

Masalah lain adalah impor BBM Premium yang menimbulkan kerusakan busi dan klep untuk mobil dan sepeda motor. Kasus ini terjadi di Bali, Makasar, Jember. “Setelah diinvestigasi, ternyata BBM yang impor itu memakai aditif peningkat oktan berbasis mangaan,” kata dia.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut