get app
inews
Aa Read Next : Sambil Bawa Salib. Aktivis Perempuan di Swedia Bakar Alqur'an di Depan Umum

Keutamaan Membaca Surah Al-Kafirun, Surah Paling Ditakuti Iblis

Sabtu, 12 November 2022 | 13:14 WIB
header img
Keutamaan membaca Surah Al Kafirun. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Membaca surah Al-Kafirun sangat dianjurkan baik dalam salat wajib maupun salat sunnah. Surah ini memiliki banyak keutamaan mulai dari ajakan toleransi hingga memperkuat keimanan.

Surah Al-Kafirun merupakan surat ke 109 dalam Alquran yang berada dalam juz terakhir (jus Amma). Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Nabi Muhammad SAW bersabda jika surah ini melindungi pembacanya dari kemusyrikan dan ditakuti iblis.

Imam Qurthubi menjelaskan mengenai keutamaan membaca surah Al Kafirun dalam.

1. Sama Seperti Membaca Seperempat Alquran 

Diriwayatkan Anas bin Malik, ia berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Qul ya Ayyhal Kafirun (katakanlah hai orang -orang kafir) sama dengan seperempat Al Quran". 

Hadis ini dianggap hasan oleh al-Albani dalam kitab silsilah ahadits sahihah. Surah ini memiliki kandungan yang setara dengan seperempat Al-Qur’an. 

Syeikh al-Mubarakfuri dalam kitab 'Tuhfatul Ahwadzi Syarah Sunan at-Tirmizi' menyebutkan bahawa Al-Qur’an hukum-hukum yang berkaitan dengan dua kalimah syahadat serta penjelasan tentang kehidupan dunia dan akhirat dan Al-Kafirun mempunyai kandungan itu. 

2. Dianjurkan Dibaca saat Shalat Malam

Al Wailli dari hadis Jabir bin Abdullah meriwayatkan: “Seorang laki-laki berdiri lalu shalat fajar dua rakaat. Ia membaca di rakaat pertama Qul ya Ayyuhal Kafirun (katakan hai orang-orang kafir) hingga akhir surah. 

Lalu Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Ini adalah hamba yang beriman kepada Tuhannya. 

Kemudian ia membaca pada rakaat kedua Qul HuwalAhad (Katakanlah Dia adalah Allah yang maha Esa sampai akhir surat. Lalu Nabi Saw bersabda : Ini adalah hamba yang mengenal Tuhannya. Thalhah berkata : Maka aku suka membaca dua surat ini dalam dua rakaat ini” 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut