get app
inews
Aa
Read Next : Modus Cari Besi Tua, Dua Pria di Kutai Barat Gasak 52 Baterai Tower BTS Telkomsel

Cegah Laka Air Jelang Natal, Dishub Kaltim Lakukan Ramp Check Kapal Tujuan Kutai Barat

Rabu, 21 Desember 2022 | 17:13 WIB
header img
KM Barokah 08 bersiap bertolak dari Dermaga Sungai Kunjang Kota Samarinda menuju Kutai Barat membawa penumpang yang mudik Natal. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Dinas Perhubungan Kaltim mengintensifkan inspeksi keselamatan kapal pengangkut penumpang di dermaga Sungai Kunjang Kota Samarinda. Hal ini menyusul peningkatan jumlah penumpang seiring makin dekatnya perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Dermaga Sungai Kunjang merupakan akses utama kapal penumpang dan pengangkut kendaraan roda dua menuju Melak, Muara Pahu, dan Long Bagun Kutai Barat.

Kepala Bidang Pelayaran Dishub Kaltim Ahmad Maslihuddin mengatakan, tingginya minat masyarakat merayakan Natal di kampung halaman membuat jumlah penumpang cenderung meningkat.

Untuk memastikan seluruh kapal yang beroperasi laik jalan, pihaknya kemudian melakukan inspeksi keselamatan di Dermaga Sungai Kunjang.  Ada tiga kapal yang menjalani ramp check yakni KM Barokah 08, KM Akbar Amanda 04, dan KM Putra Mahakam Indah 2.

Ketiga kapal dengan tujuan Kutai Barat itu diperiksa dengan melibatkan Dishub Kota Samarinda dan Polairud Polresta Samarinda. Pemeriksaan meliputi dokumen pelayaran, dan sisi teknis kelaikan kapal berlayar.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka inspeksi keselamatan khususnya pada masa menjelang hari raya. Kita ingin memastikan kapal yang mengangkut penumpang untuk merayakan Natal di kampung laik jalan," jelasnya dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Rabu (21/12/2022).

Ahmad menjelaskan, setiap hari ada tiga unit kapal yang melayani angkutan penumpang tujuan Kutai Barat. Dari pantauan, hingga H-4 Natal, penumpang sudah memadati kawasan Dermaga Sungai Kunjang. Meski demikian, kapasitas kapal masih tersedia dan dipastikan tidak over kapasitas.

"Kami juga ingin memastikan penumpang dapat terangkut semua sehingga tidak ada penumpukan di Dermaga Sungai Kunjang. Untuk sementara semua masih bisa terangkut,” imbuhnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut