get app
inews
Aa Read Next : Gempa Magnitudo 7,9 Guncang Maluku, Warga Berlarian Selamatkan Diri ke Gunung

Dampak Gempa NTT hingga ke Sulsel, 346 Rumah Rusak di Selayar

Rabu, 15 Desember 2021 | 14:48 WIB
header img
Kerusakan rumah warga di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan akibat gempa di Nusa Tenggara Timur. ( foto : ist)

MAKASSAR, iNews.id - Rentetan gempa besar yang mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021) berdampak besar bagi warga di pesisir Sulawesi Selatan. Di Kabupaten Selayar, sedikitnya 346 dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Sebelumnya, Selayar memang termasuk dalam status waspada tsunami pascagempa NTT yang berkekuata 7,5 magnitudo. Kerusakan yang ditimbulkan merata di empat kecamatan yakni Passimasunggu, Takabonerate, Pasilambena, dan Pasimarannu.

Gempa yang mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berdampak hingga di Sulawesi Selatan, pada Selasa pagi dengan berkekuatan 7,4 magnitudo, mengakibatkan sejumlah rumah rusak di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

"Sesuai data yang kami terima, kerusakan terparah dialami dua kecamatan yang notabene berdekatan dengan pusat gempa yakni Pasilambena dan Pasimarannu," jelasnya, Rabu (15/12/2021).

Sudirman Sulaiman menjelaskan, dari 346 rumah yang dilaporkan rusak, sebanyak 134 di antaranya mengalami kerusakan berat dan 212 rusak ringan. Pasiramarannu tercatat menjadi kecamatan paling terdampak dengan 298 rumah rusak.

Dia menambahkan, Pemprov Sulsel akan  menurunkan tim medis, tim dapur umum, tim evakuasi, dan bantuan logistik ke Selayar. Dia meminta warga yang terdampak untuk tidak panik dan tetap tenang menunggu bantuan.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut