get app
inews
Aa Read Next : Gempa Tuban Bikin Kalimantan Bergetar, Warga Banjarmasin Panik Berhamburan Keluar Rumah

Ahli Gempa Prediksi Tiga Wilayah di Indonesia Bakal Diguncang Gempa Besar, Tidak Terbukti?

Selasa, 07 Maret 2023 | 07:08 WIB
header img
Frank Hoogerbeets memprediksi tiga wilayah Indonesia bakal diguncang gempa dahsyat, Maret Ini. (Foto: Twitter)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Nama Frank Hoogerbeets kembali menarik perhatian setelah sebelumnya memprediksi gempa Turki dengan tepat. Kali ini, seismolog Belanda itu meramalkan gempa dahsyat akan melanda tiga wilayah di Indonesia.

Prediksi itu dituangkannya dalam video yang diunggah di channel Youtube “Solar System Geometry Survey” pada 27 Februari 2023. Dia meramalkan gempa besar akan mengguncang wilayah Indonesia antara 2 hingga 5 Maret 2023. 

Frank Hoogerbeets setidaknya ada tiga wilayah yang akan mengalami gempa besar. Berikut tiga wilayah yang diprediksi Hoogerbeats akan mengalami gempa.

1. Halmahera 

Wilayah kepulauan di Maluku ini  memang menjadi wilayah yang rawan gempa karena terletak di pertemuan empat lempeng keras, di antaranya adalah Lempeng Australia, Lempeng Laut Filipina, Lempeng Eurasia dan Lempeng Mindanao Timur. 

Selain itu, catatan sejarah juga menunjukkan jika Halmahera pernah diguncang gempa besar pada 4 Desember 2021 yang memiliki kedalaman hingga 160 kilometer. Gempa tersebut bermagnitudo 6,0. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut