get app
inews
Aa Read Next : Ancam Warga Pakai Parang, Preman Komplek Ciut Diciduk Polisi

Belajar dari Tragedi Plumpang, Wali Kota Samarinda Minta Pertamina Relokasi Depo BBM Cendana 

Kamis, 09 Maret 2023 | 06:03 WIB
header img
Wali Kota Samarinda Andi Harun meminta Pertamina merelokasi Depo BBM Cendana yang berada di tengah permukiman warga. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Tragedi kebakaran Depo Plumpang di Jakarta membuat Wali Kota Samarinda Andi Harun was-was. Penyebabnya, Depo BBM di Kota Samarinda juga berlokasi di tengah permukiman padat penduduk.

Depo BBM di Jalan Cendana dikeliling rumah-rumah pendidik menyerupai kondisi Depo Plumpang yang mengalami kebakaran hebat, pekan lalu. 

Andi Harun mengungkapkan, Depo BBM Cendana dikelilingi warga dari 6 RT yaitu RT 18, RT 37, RT 39, RT 27, RT 40 dan RT 16. Wacana relokasi depo sebelumnya sudah pernah disuarakan namun tidak kunjung terealisasi.

"Izin lokasi sudah tahun lalu dan lahannya saya anggap layak. Makanya saya setujui di lahan itu. Kan bertahun-tahun juga tidak pindah. Tapi sampai sekarang belum direlokasi," katanya dilansir iNews, Rabu (8/3/2023).

Menurutnya, keberadaan depo tidak hanya menimbulkan kerawanan kebakaran namun juga berpengaruh pada pengendalian banjir di Kota Samarinda. Penyebabnya, saluran pipa Pertamina mengambil space yang cukup banyak di Sungai Karang Asam Kecil.

Karena itu, dia berharap agar Depo BBM Cendana segera dipindahkan agar peristiwa Depo Plumpang di Jakarta bisa dicegah. "Harusnya pindah, kasus Plumpang jadi pelajaran berharga," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut