get app
inews
Aa Read Next : Terima Kasih Tim Garuda!

Masih Tak Terima Gagal ke Final, Media Vietnam Ejek Gol Ricky Kambuaya

Minggu, 02 Januari 2022 | 11:30 WIB
header img
Ricky Kambuaya. (foto : pssi)

KALLANG, iNews.id - Vietnam sepertinya masih tidak puas setelah gagal melaju ke final Piala AFF 2020. Media-media setempat tidak henti-hentinya menjadikan tim nasional Indonesia sebagai bahan ledekan.

Terbaru, edia Vietnam Soha mengejek gol pertama Ricky Kambuaya pada final leg kedua Piala AFF 2020 ke gawang Thailand. Sepakan mendatar pemain asal Papua itu dinilai hanya karena faktor keberuntungan mengingat kiper Thailand, Siwarak Tedsungnoen salah mengantisipasi bola. 

Sepakan kerasnya memang sempat mengenai tangan Siwarak namun malah terlepas da menggelinding masuk ke gawang Thailand. Media Vietnam melihat gol tersebut sebagai hadiah dari Gajah Perang.

"Kiper Thailand membuat kesalahan konyol, memberikan 'Hadiah Tahun Baru' untuk Indonesia," tulis Soha dikutip, Minggu (2/1/2022). 

"Bola itu tidak berbahaya, tetapi penjaga gawang Thailand menanganinya dengan buruk. Dia tidak bisa menangkap bola, sehingga membiarkan bola masuk ke gawang," tambah mereka.

Padahal, penampilan Indonesia bisa dibilang jauh lebih baik dibanding Vietnam kala berhadapan dengan Thailand. Pasalnya, mereka  tidak mampu menjebol gawang skuad Gajah Perang pada dua pertemuan di semifinal.

Sebelumnya, gol Ricky sempat melambungkan asa Indonesia mengejar ketertinggalan empat gol. Namun, pertandingan akhirnya berakhir Thailand 2-2  dan Thailand keluar sebagai juara AFF untuk kali keenam.

Terlepas dari hal tersebut, Ricky Kambuaya tetap tampil apik di laga kedua final Piala AFF 2020 melawan Thailand. Tak heran jika pemain Persebaya Surabaya berusia 25 tahun itu terpilih sebagai man of the match.

Usai laga Ricky Kambuaya mengungkapkan mimpinya untuk bisa bermain di luar negeri. Dia ingin mengikuti arahan dari sang pelatih Shin Tae-yong yang menyuruh skuad Garuda menimba ilmu jauh dari Indonesia.

Usai laga, Ricky merespon saran pelatih Shin tae-yong untuk bermain di luar negeri. Mantan pemain PSS Sleman itu mengaku akan senang jika mendapat tawaran dari klub luar negeri.

“Kalau ada peluang yang dibawa coach (Shin Tae-yong) ke luar (negeri), tentu ini peluang karier yang baik. Akan saya ikuti,” kata Ricky.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut